sign up SIGN UP search


menyusui

8 Makanan yang Ampuh Lancarkan ASI Bunda, Bisa Diolah Jadi Beragam Masakan Lezat

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 09 Aug 2022 07:18 WIB
wanita sedang makan makanan diet caption
Jakarta -

Produksi ASI seringkali turun naik pada sebagian ibu menyusui. Hal ini pun bisa membuat busui semakin khawatir karena ASI-nya berisiko tidak lancar dan Si Kecil tak mendapatkan cukup nutrisi.

Yuk, cari makanan pelancar ASI agar membantu meminimalisasi risiko tersebut, Bunda.

Banyak Bunda merasa lebih lapar saat menyusui karena energi ekstra yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi susu. Untuk itu, menjadikan berbagai asupan seimbang dalam keseharian sangatlah penting ya, Bunda.Terutama, pilihlah makanan pelancar ASI agar memudahkan produksi ASI setiap harinya.


Menurut Amy Mager, seorang konsultan laktasi dan praktisi pengobatan di Tiongkok, mengonsumsi sup hangat dapat membantu produksi ASI serta membantu penyembuhan tubuh pasca persalinan.

"Sup ayam merupakan makanan yang menyehatkan, menghangatkan, menyembuhkan, dan mendorong produksi ASI," ujarnya seperti dikutip dari laman Sheknows.

Selain sup ayam, Bunda juga mengonsumsi oatmeal. Banyak konsultan laktasi menyarankan makan semangkuk oatmeal setiap harinya guna meningkatkan suplai ASI.

Pilihan makanan pelancar ASI

Berikut ini beberapa makanan pelancar ASI lainnya yang bisa dijadikan asupan harian ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Theeverymom:

  • Bayam

Bayam dapat membantu meningkatkan laktasi. Bonusnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lebih awal terpapar rasa sayuran melalui ASI mungkin akan menyukai rasa tersebut ketika mereka semakin besar.

  • Pasta gandum utuh

Pecinta karbohidrat bergembiralah. Karbohidrat kompleks seperti pasta gandum sangat tinggi serat, zat besi, dan mineral penting lainnya untuk produksi dan nutrisi susu.

  • Berries

Buah-buahan seperti blueberry, stroberi, dan rapsberry kaya akan vitamin C dimana tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga menjadi kunci untuk perkembangan tulang.

  • Jahe

Jadi diyakini dapat bermanfaat sebagai galactagogue dimana dapat meningkatkan suplai ASI. Masukkan jahe segar dalam teh favorit di rumah dimana tak hanya menghangatkan tapi juga melancarkan ASI.

  • Salmon

Salmon kaya akan protein, omega-3, vitamin B12, dan DHA, lemak esensial untuk perkembangan sistem saraf bayi. 

  • Bawang putih

Pecinta bawang putih, perlu tahu juga bahwa bawang puting memiliki senyawa yang dapat membantu laktasi. Busui dapat memanfaatkan bawang putih sebagai rempah-rempah yang dapat memperlancar ASI.

  • Wortel

Wortel kaya beta-karoten, antioksidan yang berubah menjadi vitamin A saat mengonsumsinya dimana baik untuk penglihatan, kekebalan tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan.

  • Nasi merah

Karbohidrat kompleks dalam biji-bijian seperti beras merah dapat membantu meningkatkan energi busui. Pilihan nasi merah pun bisa jadi teman harian menu makan di rumah ya, Bunda.

Selain dari makanan, ada beberapa tips lain agar proses menyusui Bunda berjalan lancar. Simak di halaman selanjutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 makanan yang efektif lancarkan ASI Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



PILIHAN MAKANAN PELANCAR ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!