sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Munculnya Benjolan pada Payudara, Selain karena ASI Tersumbat

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 24 Dec 2021 12:35 WIB
Ilustrasi menyusui caption

Jakarta - Saat menyusui, benjolan pada payudara memang sering kali muncul. Tentu saja, kondisi ini membuat busui tak nyaman karena proses menyusui jadi terhambat.

Menyusui merupakan proses yang menyenangkan sekaligus menantang ya, Bunda, terutama bagi ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati. Menyenangkan karena kehadiran buah hati memberikan warna baru dalam kehidupan rumah tangga.

Tetapi di sisi lain, tantangan menyusui juga tidaklah mudah ya, Bunda. Sering kali, selain urusan ASI yang terhambat, para busui kerap mengeluhkan munculnya benjolan payudara saat menyusui bayi.


Menurut Dr Rohan Khandelwal dari The Breast Centre, CK Birla Hospital, bahwa benjolan tidak hanya menyebabkan kecemasan tetapi juga terkadang dapat menandakan sesuatu yang tidak menyenangkan seperti kanker.

"Penyebab paling umum dari benjolan payudara busui yakni pengumpulan ASI yang terjadi karena saluran yang tersumbat. Biasanya, ibu dapat merasakan adanya benjolan yang nyeri pada payudara. Terkadang juga bisa terjadi jika ASI tidak dikosongkan secara berkala," katanya, seperti dikutip dari laman Indianexpress.

Sebagai penanganannya, Bunda dapat mengosongkan ASI dengan teratur baik menyusui atau memompa ASI menggunakan pompa ASI. Bunda juga dapat mengawalinya dengan memberikan pijatan lembut agar proses menyusui atau memompa ASI berjalan lancar. 

Banner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RIBanner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RI/ Foto: HaiBunda/Mia

Oh ya, Bunda, selain ASI yang tersumbat juga ada lagi masalah lainnya yang menyebabkan benjolan payudara busui lho. Berikut ini beberapa indikasinya ya, seperti dikutip dari laman Healthline:

1. Pembengkakan

Pembengkakan terjadi ketika payudara menjadi terlalu penuh. Ini bisa terjadi ketika ASI masuk dan bayi belum cukup sering menyusu. Atau, bisa terjadi di kemudian hari ketika bayi sudah lama tidak menyusu dan ASI belum keluar.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula video tentang 7 tantangan yang sering dihadapi busui di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



5 KEMUNGKINAN INDIKASI MUNCULNYA BENJOLAN PAYUDARA BUSUI, APA SAJA YA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!