sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Menghentikan ASI Secara Alami Saat Menyapih Anak, Bye Bye Drama

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 27 Dec 2021 20:35 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Keputusan menyapih anak memang sering bikin galau  ya, Bunda. Enggak hanya memasuki fase baru mengajarkan kemandirian pada anak, ketakutan akan rasa tidak nyaman akibat payudara bengkak pun ikut membayangi ya.

Awal menyapih, ASI masih diproduksi karena respons tubuh dalam proses adaptasi penyapihan. Nah, bagaimana ya cara menghentikan ASI secara alami saat menyapih anak agar Bunda tetap nyaman?

Pada hari-hari awal menyusui memang kondisi payudara biasanya masih memproduksi ASI. Wajar kalau hal itu bisa membuat payudara membengkak. Tak jarang, busui kerap menyusui kembali anaknya karena ASI terus mengalir. Padahal, cara ini justru membuat ASI terus memproduksi dan payudara akan makin membengkak.


Menurut Rachel Radcliffe, IBCLC, seorang konsultan laktasi bahwa penyapihan sebenarnya dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bebas rasa sakit secara fisik dan emosional baik bagi Bunda dan bayi, seperti dikutip dari laman Thebump.

Idealnya, Bunda dapat melakukan penyapihan tanpa rasa sakit dengan melakukannya secara perlahan. "Menyapih secara bertahap dengan menghentikan satu sesi menyusui atau memompa setiap beberapa hari, biasanya merupakan ide yang baik saat ingin menyapih,"ujar Radcliffe.

Dengan menyapih secara bertahap dapat membantu menghindari payudara yang membesar dan mengurangi risiko saluran tersumbat atau mastitis, serta mencegah infeksi saluran susu di payudara. Bunda pun dapat memilih bra yang tepat untuk mencegah tekanan tambahan pada payudara yang sudah sensitif.

Selain itu, Bunda dapat menerapkan cara menghentikan ASI secara alami saat menyapih anak berikut ini, seperti dikutip dari laman Momlovesbest:

1. Teh sage

Mengonsumsi sage dapat membantu menghentikan ASI secara alami karena mengandung bentuk alami estrogen. Gunakan hanya dengan merendam satu sendok teh dalam secangkir air panas selama 15 menit. Minumlah satu gelas teh sage setiap 6 jam untuk hasil terbaik. Agar lebih enak, tambahkan sedikit gula, madu, atau pemanis pilihan lainnya.

Simak cara menghentikan ASI secara alami saat menyapih anak di halaman selanjutnya!

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda. 

4 CARA MENYUSUI ASI SECARA ALAMI SAAT MENYAPIH ANAK TANPA DRAMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!