sign up SIGN UP search


menyusui

Busui, Lahap Makanan Ini Yuk supaya Bayi Cepat Gemuk

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 14 Aug 2021 19:08 WIB
Ibu Menyusui caption

Jakarta - Tak sedikit Bunda yang mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badan bayinya selama menyusui. Alhasil, permasalahan ini pun membuat busui jadi stres karena bobot bayi yang tak kunjung bertambah.

Lalu bagaimanakah cara yang efektif supaya bayi cepat gemuk? Bagi busui yang menghadapi permasalahan ini sebaiknya tidak perlu stres ya. Sebab, kendala ini bisa kok diatasi secara perlahan. Perlu Bunda pahami bahwa saat ASI mengandung nutrisi yang cukup dari asupan yang Bunda konsumsi, berat badan bayi pun perlahan terdongkrak.

Karena itu, Bunda perlu memastikan asupan gizi harian terpenuhi sehingga ASI yang dihasilkan berkualitas dan bernutrisi tinggi ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Parents.


Untuk menjaga kandungan nutrisi dan energi sepanjang hari selama menyusui, Bunda dapat mengonsumsi makanan sehat seperti sereal berserat tinggi, oatmeal, yogurt, pisang, dan smoothie. Selain itu, ada beberapa makanan bergizi mengandung nutrisi penting yang juga perlu dipenuhi Bunda. Salah satunya yakni makanan yang kaya asam lemak omega 3.

"Semakin banyak ikan yang Bunda makan, semakin banyak asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ASI Bunda. Dan, hal itu sangat penting untuk perkembangan mata dan otak bayi Bunda," ujar Lori Feldman Winter, MD, seorang dokter anak di Camden, New Jersey.

Mengonsumsi lemak sehat tidak saja baik untuk Bunda, tetapi juga untuk buah hati. Selain menambah berat badan secara perlahan, lemak sehat juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Melansir Gomama, asupan lain yang diperlukan ibu menyusui untuk menambahkan berat bada buah hatinya yakni mengonsumsi susu. Jika Bunda tidak toleran laktosa yakni Bunda tidak dapat mencerna susu dan produk susu lainnya dengan mudah, Bunda dapat mengonsumsi susu kambing. Atau, dapat mencoba minum susu hangat karena mudah dicerna.

Bunda dapat mengonsumsi susu setidaknya 2 gelas setiap harinya. Satu gelas di pagi hari dan satu gelas di sore atau malam hari. 

Adapun makanan lain untuk ibu menyusui agar bayi cepat gemuk yakni dengan rutin mengonsumsi pisang ya, Bunda. Pisang dapat membantu bayi menambah berat badannya yang diambil melalui ASI Bunda. Selain itu, pisang juga tidak membuat bayi alergi dan mengandung banyak nutrisi. 

Pilihan makanan ibu menyusui lainnya agar bayi cepat gemuk yakni kacang-kacangan dan buah kering. Makanan tipe ini biasanya penuh dengan kalori dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh serta memberikan energi yang sangat besar. Tak ada salahnya memasukkan kurma, kacang almond, kismis, dan aprikot dalam nutrisi harian ya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula 5 tips pola makan sehat ibu menyusui di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



SAYURAN HIJAU YANG BAIK UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!