sign up SIGN UP search


menyusui

7 Sayuran Penambah ASI dengan Rasa Enak, Sehat, dan Mengenyangkan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 19 Dec 2021 17:05 WIB
Woman holding a slice of cucumber caption
Jakarta -

Ada beberapa ibu menyusui yang terkadang mengalami masalah pada produksi air susu ibu atau ASI. Keluhan yang biasa terdengar adalah ASI yang tidak cukup untuk Si Kecil.

Masalah ini bisa kita coba atasi dengan hal paling mendasar, Bun: makanan. Yuk, lihat dulu daftar sayuran penambah ASI berikut yang diketahui memiliki rasa enak dan mengenyangkan. Dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi sayuran penambah ASI berikut akan menjadi booster terbaik.

Makanan penambah ASI

1. Alpukat

Salah satu buah yang dapat dipercaya agar dapat melancarkan ASI saat menyusui adalah alpukat. Umumnya, ibu yang sedang menyusui akan lebih mudah merasa lapar karena saat menyusui akan membuat tubuh lebih banyak membuang kalori. Alpukat juga mempunyai sumber vitamin B, K, C, E, folat, dan kalium.


Banner Kampung Miliuner CilacapFoto: HaiBunda/Mia

Ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Silakan saja Bunda pilih penyajiannya dalam bentuk minuman atau makanan yang bermanfaat untuk melancarkan ASI.

2. Kacang

Aneka macam kacang ini juga memiliki banyak kandungan mineral seperti zat besi, vitamin K dan B serta kalsium. Makanan kacang ini juga dipercaya sebagai salah satu sumber lemak esensial dan memiliki kandungan protein yang sehat.

Contoh kacang-kacangan ini misalnya kacang almond yang merupakan salah satu makanan laktogenik. Selain kacang almond, Bunda menyusui juga dapat memakan kacang tanah, mede, dan kacang hijau.

3. Buncis

Juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein, fitostrogen, dan vitamin. Inilah yang akhirnya membuat buncis sebagai sayuran penambah ASI yang baik.

4. Bayam, katuk, kangkung, dan brokoli

Tidak ada salahnya apabila ibu menyusui juga mengonsumsi banyak sayuran hijau dalam poin ini. Karena sayuran hijau tidak hanya meningkatkan produksi ASI, ia bisa mempunyai manfaat kesehatan seperti membantu kebiasaan makan yang baik dan untuk nutrisi bayi.

5. Wortel dan ubi

Sayuran yang memiliki akar dengan akar berwarna merah seperti halnya wortel dan ubi juga telah digunakan sebagai salah satu sayuran penambah ASI yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitasnya. Sama halnya dengan sayuran berwarna hijau, sayuran yang memiliki akar merah ini juga memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI.

6. Pare

Pare juga dipercaya memiliki sumber asam folat yang dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Meskipun pare juga dikenal sangat pahit, vitamin yang terdapat pada pare ini tidak diragukan lagi. Pasalnya, pare ini mengandung salah satu vitamin K, likopen, fitokimia liuten, dan kaya akan antioksidan.

7. Daun kari

Daun ini juga mengandung salah satu mineral yang dapat meningkatkan produksi ASI. Daun kari ini berasal dari Timur Tengah yang dapat meningkatkan melanin serta sirkulasi darah. (PK)

Simak juga video berikut mengenai bayi yang menolak ASI, ada apa?

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!