sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Menyusui Penyebab Utama Payudara Jadi Kendur?

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 18:20 WIB
Mother breastfeeding her newborn baby girl. Baby happy while drinking milk from mother's breast. Vintage color tone. Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Perubahan tubuh selama dan setelah kehamilan memang tidak bisa dihindari, ya Bunda. Mulai dari stretch mark hingga payudara kendur, semua itu perubahan alami yang terjadi pada tubuh Bunda.

Menyusui meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional Bunda, dan memberi Si Kecil awal yang sehat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, itu cenderung membebani tubuh Bunda, seperti payudara Bunda yang menjadi kendur.

Pastinya Bunda bertanya-tanya, apakah benar menyusui menjadi salah satu faktor yang menyebabkan payudara kendur? Dan bagaimana cara mencegahnya? Simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.


Benarkah menyusui dapat menyebabkan payudara kendur?

“Meskipun menyusui cenderung menjadi penyebab payudara kendur, bukan hanya menyusui faktor satu-satunya,” kata Dr. Jessica Shepherd, OB-GYN dan Chief Medical Officer dari Verywell Health, dikutip dari Romper.

Menyusui tidak memengaruhi bentuk dan volume payudara, ya Bunda. Sebaliknya, ligamen yang menopang payudara Bunda meregang saat payudara menjadi lebih berat selama kehamilan.

Setelah kehamilan, meski Bunda tidak menyusui, peregangan ligamen ini dapat menyebabkan payudara kendur.

“Saat hamil, ligamen yang menopang payudara dapat meregang karena payudara menjadi lebih penuh dan lebih berat. Setelah kehamilan, payudara bisa tampak kendur baik menyusui maupun tidak,” kata Chrisie Rosenthal, IBCLC dan Konsultan Manajer Hubungan di The Lactation Network, dikutip dari Romper.

Penyebab payudara kendur

Payudara kendur adalah salah satu dari banyak perubahan tubuh yang dialami Bunda seiring dengan bertambahnya usia. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan payudara kendur menurut Dr Barry Roseman, seorang ahli bedah payudara, dikutip dari Piedmont.

1. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita, ligamen yang membentuk jaringan payudara meregang dan kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, kepunahan payudara terganggu karena sistem pendukung jaringan dan lemak yang mendasarinya berkurang.

2. Tarikan gravitasi

Tarikan gravitasi selama bertahun-tahun berdampak buruk, terutama pada wanita dengan payudara lebih besar.

3. Memakai bra yang kurang tepat

Mengenakan bra yang mendukung penting untuk menjaga bentuk dan angkat payudara. “Kurangnya dukungan yang tepat akan berdampak selama periode 30 hingga 40 tahun. Saya sangat merekomendasikan wanita mendapatkan bra yang sesuai dan nyaman untuk payudara,” kata Dr Barry, dikutip dari Piedmont.

Banner Denah Rumah Minimalis 3 KamarBanner Denah Rumah Minimalis 3 Kamar/ Foto: HaiBunda/Mia

4. Merokok

Karsinogen dalam asap rokok menyebabkan elastin rusak di dalam tubuh. Serat elastin ini bertanggung jawab untuk elastisitas kulit di seluruh tubuh.

5. Terbakar sinar matahari

Sinar ultraviolet merusak kulit dan juga menyebabkan hilangnya elastisitas.

6. Pertambahan berat badan

Fluktuasi berat yang besar dapat menyebabkan peregangan payudara yang tidak perlu. Mempertahankan berat badan yang sehat akan membantu wanita menghindari perkembangan peregangan yang tidak perlu.

Lalu, bagaimana cara mencegah payudara Bunda agar tidak kendur? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang mengatasi payudara bengkak saat menyapih di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENCEGAH PAYUDARA KENDUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!