sign up SIGN UP search

menyusui

Payudara Kendur saat Menyusui? Simak 4 Tips Jitu agar Kencang Kembali

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 14 Jan 2023 07:50 WIB
Ilustrasi Mengecilkan Payudara Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Payudara kendur saat menyusui pasti membuat busui jadi tak percaya diri sekaligus tidak nyaman. Cari tahu yuk, Bunda tips untuk mengencangkannya kembali.

Setiap orang memang memiliki karakteristik payudara yang berbeda satu sama lain ya, Bunda. Baik secara ukuran, bentuk, dan warna semuanya merupakan karakteristik turun temurun. Namun sebaliknya, payudara juga bervariasi dan tumbuh sepanjang hidup wanita.

Payudara wanita merupakan jaringan kelenjar yang menghasilkan susu dan jaringan lemak. Payudara tumbuh sepenuhnya selama kehamilan, dan perkembangannya dibantu oleh kombinasi hormon yang rumit, termasuk estrogen, progesteron, dan prolaktin. Dan, ukuran payudara ditentukan oleh jumlah lemak di payudara, seperti dikutip dari laman Times of India.


Payudara kendur saat menyusui 

Payudara yang kendur memang dapat terjadi karena berbagai hal ya, Bunda. Selain karena penuaan, gaya hidup yang kurang tepat juga memperparah payudara kendur.

Saat payudara yang berbentuk sempurna mulai kendur, tentunya hal itu dapat memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri secara negatif. Kemudian, kekurangan kolagen, obesitas, kehamilan, merokok, dan faktor keturunan juga dapat berkontribusi pada kondisi tersebut.

Selain faktor di atas, menyusui juga kerap dijadikan penyebab terjadinya payudara kendur. "Meskipun menyusui cenderung disalahkan atas payudara yang kendur, bukan menyusui saja yang menyebabkan payudara kendur," ujar Dr Jessica Shepher, seorang obgyn, seperti dikutip dari laman Romper.

Dipaparkan Dr Jessica bahwa kendur sebenarnya adalah hasil dari kehamilan dan pengaruh lainnya, seperti:

  • Penuaan
  • Penurunan atau penambahan berat badan
  • Genetika
  • Jumlah kehamilan
  • Merokok
  • Berolahraga tanpa penyangga
  • Gravitasi. 

Setelah melahirkan, sebenarnya risiko payudara kendur tetap bisa dialami meski tidak sedang menyusui. Saat hamil, ligamen yang menopang payudara bisa meregang saat payudara menjadi lebih penuh dan berat. Setelah kehamilan, payudara dapat terlihat lebih kendur baik menyusui atau tidak.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips mencegah payudara kendur usai menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



PAYUDARA KENDUR SAAT MENYUSUI, SIMAK TIPS UNTUK MENGENCANGKANNYA KEMBALI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!