sign up SIGN UP search

menyusui

Resep Mudah Membuat Es Loli dari ASI, Dicoba yuk Bunda

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 16 Jan 2022 16:10 WIB
An adorable toddler boy with a messy mouth looks to the side while eating an ice cream treat. His dad smiles while holding the ice cream treat. caption

Jakarta - Pernahkah Bunda mendengar adanya es loli yang terbuat dari ASI? Ya, Bunda bisa lho membuat sendiri es loli dari ASI yang dibekukan dalam sebuah cetakan dan dapat dipegang lalu dimakan oleh Si Kecil.

Tahukah Bunda? Es loli ASI memiliki berbagai macam manfaat, selain bernutrisi tinggi, juga dapat menenangkan gusi Si Kecil yang nyeri karena tumbuh gigi. Lalu, apa saja manfaat lainnya dan bagaimana cara membuat es loli ASI? Simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.

Apa itu es loli ASI?

“Es loli ASI adalah alat terapi dingin yang sangat baik dan camilan bayi yang sehat,” kata Demi Lucas, IBCLC dan koordinator pasien senior di The Lactation Network, dikutip dari Romper.


Meskipun biasanya digunakan untuk bayi yang sedang tumbuh gigi dengan gusi yang teriritasi dan mulut yang sakit, Bunda juga dapat menggunakannya untuk mengenalkan rasa makanan padat kepada anak-anak, dengan mencampur makanan padat dengan ASI.

Bayi dan anak-anak yang sakit dapat memperoleh manfaat dari sifat imunologis ASI dan rasa dinginnya menenangkan gusi dan mulut mereka. Selain itu, bayi dan balita yang kesulitan minum susu botol dapat mengemil es loli ASI saat jauh dari Bunda menyusui sebagai cara untuk tetap mendapatkan ASI.

Bunda, bayi tidak seharusnya memulai makanan apa pun sampai usia 6 bulan menurut World Health Organization (WHO). Es loli ASI adalah alternatif yang aman ketika Bunda bersemangat untuk memberikan Si Kecil jenis makanan baru, tanpa risiko merusak usus Si Kecil.

Jika bayi sudah dapat menggenggam es loli dan memakannya sendiri, mungkin tidak masalah, tetapi Bunda tetap perlu melakukan pengawasan yang ketat, ya.

Manfaat es loli ASI untuk Si Kecil

Es loli ASI bisa menjadi obat alami yang baik untuk mengatasi ketidaknyamanan saat tumbuh gigi karena berbagai alasan. Seperti berikut ini :

1. Mudah dicerna

Tumbuh gigi biasanya muncul pada usia sekitar 6 bulan, tetapi banyak bayi yang mulai menunjukkan gejala tumbuh gigi lebih awal. ASI mudah dicerna oleh bayi, sehingga sangat cocok untuk menenangkan gusi yang gatal dan sakit.

2. Penuh nutrisi

ASI penuh dengan nutrisi penting yang dibutuhkan Si Kecil untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Ini mengandung lebih sedikit gula jika dibandingkan dengan es loli yang dibuat di toko.

Gula yang berlebihan dapat merusak kesehatan Si Kecil dan tidak baik untuk gigi yang sedang tumbuh.

3. Efektif menenangkan gusi bayi

Tumbuh gigi ditambah dengan rasa gatal dan nyeri pada gusi akan mengubah suasana hati Si Kecil. Saat Si Kecil mengunyah ASI sedingin es, ASI akan mati rasa untuk sementara dan menenangkan area yang sakit sehingga Si Kecil akan lebih nyaman untuk sementara waktu.

Lalu, bagaimana cara membuat es loli ASI? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang cara merawat gigi bayi 6 bulan di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBUAT ES LOLI DARI ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!