sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyusui Bayi Tumbuh Gigi agar Ia Tak Menggigit Puting Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 07:10 WIB
Cute baby with teether caption

Jakarta - Saat bayi tumbuh gigi, mereka lebih sering menggigit berbagai barang. Termasuk menggigit puting saat menyusui. Hmm, bagaimana ya tips menyusui bayi tumbuh gigi agar tak menggigit ya, Bunda?

Menyusui bayi saat tumbuh gigi memang membuat para busui jadi khawatir berlebihan. Apalagi yang sebelumnya sudah merasakan digigit dan sangat menyakitkan. Alhasil, busui pun di satu sisi jadi takut menyusui kembali karena khawatir digigit kembali. Tak jarang, ada yang langsung berpikir untuk menyapihnya karena rasa sakit tersebut.

Bunda yang berpikir demikian, sebaiknya jauhkan pemikiran tersebut ya. Hal ini memang tidak perlu dilakukan karena tumbuh gigi seharusnya tidak banyak berpengaruh pada hubungan menyusui antara ibu dan anak.


Faktanya, bayi mungkin membutuhkan kenyamanan saat gusinya sakit dan payudara Bunda telah menjadi sumber kenyamanan terbesar mereka.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

Perlu Bunda tahu bahwa, ASI menjadi makanan alami yang sempurna. Dan, tidak hanya untuk bayi baru lahir tetapi juga untuk bayi yang lebih besar. ASI akan memberikan manfaat nutrisi dan kekebalan yang ideal selama masa bayi hingga balita dan seterusnya jika Bunda tetap memilih untuk menyusui hingga anak Bunda lebih besar. Dan, lagipula mereka juga akan lebih sedikit menyusui saat mulai makan makanan padat.

"Dengan kondisi tersebut, tentu tak ada alasan untuk berhenti menyusui saat Si Kecil tumbuh gigi ya, Bunda,"ujar Karen Gill, M.D, seperti dikutip dari laman Healthline.

Cute baby with teetherTips Menyusui Bayi Tumbuh Gigi agar Ia Tak Menggigit Puting Bunda/ Foto: iStock

Memang, menyusui mungkin akan lebih sedikit ekstra energi saat bayi memiliki gigi. Tetapi, perlu Bunda tahu bahwa gigi sebenarnya tidak masuk ke dalam menyusui sama sekali. Saat terkunci dengan baik, lidah bayi berada diantara gigi bawah dan puting susu. Jadi, jika bayi benar-benar menyusui, mereka tidak bisa menggigit.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang resep es loli ASI, alat terapi dingin yang baik untuk tumbuh gigi Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI BAYI TUMBUH GIGI AGAR TAK MENGGIGIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!