sign up SIGN UP search


menyusui

Es Loli dari ASI Bisa Bantu Bayi Jadi Lebih Nyaman saat Tumbuh Gigi

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 08 Jan 2022 17:52 WIB
Sitting outside in their yard, the mature adult grandmother gives her toddler grandson a taste of a frozen ice. Ilustrasi anak makan es loli/Foto: Getty Images/SDI Productions

Jakarta - ASI memang memiliki banyak manfaat dan Bunda pun dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Tidak saja bisa diberikan langsung pada Si Kecil saat menyusu, Bunda juga dapat memanfaatkan ASI sebagai campuran untuk membuat camilan sehat lho.

Nah, salah satu camilan MPASI yang bisa Bunda buat di rumah yakni es loli dari ASI yang pasti disukai Si Kecil. Selain menyehatkan, membuat es loli dari ASI juga banyak dipilih Bunda di luar sana karena dapat membantu mengatasi gusi yang sakit dan rasa tak nyaman yang disebabkan suhu panas yang dirasakan.

Biasanya, kondisi tersebut muncul saat bayi tumbuh gigi, Bunda. Sehingga, mereka membutuhkan potongan camilan yang membuat rasa tak nyaman di gusi berkurang. Es loli dari ASI bisa jadi salah satu yang membantu mengurangi ketidaknyamanan tersebut ya, Bunda.


Bunda pun tidak perlu khawatir karena membuat es loli dari ASI sendiri di rumah lebih terjamin higienitasnya dan juga rasanya. Yang perlu Bunda lakukan hanyalah memompa ASI, menyiapkan cetakan dan membekukannya. Dan, bersiaplah untuk berkreasi guna menunjang Si Kecil dengan asupan sehat meski giginya sedang bertumbuh.

Meski demikian, Bunda perlu berhati-hati ya, mengingat suhu es loli begitu dingin sementara di satu sisi, Si Kecil butuh suhu yang tepat untuk menerima makanan yang diasupnya. 

Banner Pencerah Wajah KusamBanner Pencerah Wajah Kusam/ Foto: HaiBunda/Mia

"Yang membuat saya khawatir ialah kontak langsung dengan es karena hal ini dapat menyebabkan apa yang disebut dokter sebagai 'luka thermal'. ASI harus diberikan pada bayi dengan konsistensi dan suhu yang tepat sebagaimana adanya," ujar Dr Carol Cooper, seperti dikutip dari laman Onemessymama.

Memang ya, Bunda, ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai hal tersebut. Bunda pun dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikannya mengingat setiap ibu dan juga anak di luar sana tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang serba-serbi finger food untuk Si Kecil di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



4 TIPS MEMBUAT ES LOLI DARI ASI, COCOK SAAT BAYI TUMBUH GIGI, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!