sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Berkeringat saat Menyusu, Normal Enggak Sih?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 11 Jan 2022 07:05 WIB
Young mother, holding her sick toddler boy, breastfeeding him at home, sunny living room Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Setiap bayi mungkin memiliki pola berbeda saat menyusui. Tetapi secara umum, sebagian besar bayi berkeringat saat disusui. Sebenarnya, ini hal yang normal enggak sih, Bunda?

Faktanya beberapa bayi memang cenderung berkeringat saat disusui. Biasanya hal itu terjadi saat suhu tubuh bayi naik karena suatu hal, kelenjar keringat pun bekerja mengeluarkan cairan. Kondisi kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan keringat saat menyusu.

Pada tubuh bayi, kelenjar keringat terkonsentrasi di dahi dan kulit kepala sehingga ia akan lebih banyak berkeringat di area tersebut. Kelenjar keringat pun secara bertahap berkembang di dada dan anggota tubuh lainnya.


"Berkeringat merupakan cara tubuh untuk tetap dingin dengan mengirimkan kelebihan panas tubuh. Tidak semua bayi berkeringat saat disusui, tetapi sebagian bayi memang berkeringat saat disusui," ujar Dr Ritika Shah, seperti dikutip dari laman Momjunction.

Sebenarnya, sangatlah normal bagi bayi untuk berkeringat saat menyusu. Namun, jika ada keringat berlebih, hal tersebut bisa menjadi tanda kondisi medis yang melatarinya. Bunda pun dapat memeriksakan Si Kecil lebih lanjut ke dokter untuk melihat apakah yang menyebabkan keringat berlebih pada bayi saat disusui.

Banner 7 Meja Makan TerbaikBanner 7 Meja Makan Terbaik/ Foto: HaiBunda/Mia

Secara umum, biasanya nih, Bunda, bayi berkeringat karena proses alami tubuh untuk mengeluarkan panas tubuh yang berlebih. Biasanya, beberapa hal menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab bayi berkeringat saat disusui, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry:

1. Banyaknya energi

Menyusui membutuhkan banyak energi. Dan, gerakan rahang saat menyusu merupakan salah satu bentuk latihan untuk bayi guna mengeluarkan keringat sebagai hasil dari usaha yang dilakukan. Enggak heran ya, Bunda, keringat mereka jadi bercucuran saat menyusui berlangsung

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk ulasan lebih lengkapnya. 

Simak juga video tentang penyebab bintik merah pada bayi dan cara mengatasinya.

[Gambas:Video Haibunda]



BAYI BERKERINGAT SAAT DISUSUI, NORMAL ENGGAK SIH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!