sign up SIGN UP search


menyusui

Kepala Bayi Sering Berkeringat saat Menyusu? Ini Penyebabnya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 07 Jun 2022 14:00 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Entah karena terlalu bersemangat atau alasan apa pun, mungkin Bunda kerap melihat kepala bayi berkeringat saat menyusu. Yuk, cari tahu penyebabnya, Bunda.

Selama ini, mungkin Bunda hanya bertanya-tanya mengapa bayi berkeringat saat menyusu. Dan, Bunda juga menemukannya lebih dari sekali. Awalnya mungkin Bunda merasa biasa saja tetapi ketika semakin sering melihatnya, Bunda tentu penasaran apa ya, penyebabnya.

Ya, sedianya bayi berkeringat entah siang ataupun malam hari merupakan hal biasa ya, Bunda. Namun satu hal, tubuh bayi memang belum matang dan masih belajar mengatur suhunya sendiri.


Dan, pada saat yang sama, bayi sering kali berpakaian berlebihan dan menjadi panas tetapi mereka tidak dapat melakukan apa pun sendiri untuk mengatasi masalahnya atau memberitahukan masalah tersebut.

"Terkadang, bayi berkeringat di sekujur tubuh. Di lain waktu, Bunda mungkin melihat bayi berkeringat atau lembap di area tertentu seperti tangan, kaki, atau kepala. Ini cukup normal karena manusia memiliki lebih banyak kelenjar keringat di area tertentu,"ujar Debra Sullivan, Ph.D, MSN, R.N, CNE, COI.

Banner Resep Budget Rp30 RibuResep Budget Rp30 Ribu/ Foto: Annisa Shofia

Memang benar bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, berkeringat menandakan masalah kesehatan. Tetapi, hal itu tak perlu dikhawatirkan ya, Bunda. Karena beberapa alasan memang kerap membuat bayi berkeringat, seperti dikutip dari laman Healthline.

Berikut ini beberapa penyebab kepala bayi berkeringat saat menyusu, seperti dikutip dari laman Parentlane:

1. Kamar terlalu panas

Lingkungan yang hangat jelas menyebabkan bayi berkeringat. Jika Bunda tinggal di tempat yang panas dan lembap, bayi mungkin lebih berkeringat saat menyusui. Itulah mengapa Bunda perlu memastikan kamarnya bersuhu aman. Karena, bayi akan rewel saat menyusu jika kamar terlalu dingin atau terlalu panas.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang penyebab bintik merah pada bayi dan cara mengatasinya:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB KEPALA BAYI BERKERINGAT SAAT MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!