sign up SIGN UP search


parenting

Si Kecil Alami Biang Keringat, Kapankah Waktu Tepat Bawa Ke Dokter?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 09 Jan 2022 08:15 WIB
Female hand applying the cream on baby's face Ilustrasi kulit bayi/Foto: iStock

Jakarta - Biang keringat adalah kondisi wajar yang biasa yang dialami anak-anak. Tetapi, jangan kemudian Bunda menganggapnya sepele ya. Sebab, ada beberapa kondisi serius bila Si Kecil mengalami biang keringat hingga harus mendapatkan penanganan medis.

Anak yang aktif dan kulitnya super sensitif biasanya kerap  mengalami biang keringat. Terutama saat cuaca panas di luar dan pakaian yang dikenakan berlebihan sehingga tak memungkinkan kulit bernapas. Biasanya, pada kondisi tersebut, anak yang berpotensi mengalami biang keringat pun mengalaminya cukup sering.

Ya, kondisi tersebut tidak saja membuat jumlah keringat pada anak berlebih, tetapi juga membuat kemungkinan biang keringat pada anak berkembang luas.


"Keringat yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori anak yang sebenarnya ialah saluran kelenjar keringat tersumbat dan terkadang ruam gatal muncul. Inilah yang sering disebut biang keringat," ujar Paula Sabella, MD, dokter anak, seperti dikutip dari laman Healthcleveandclinic.

Ruam panas ini mungkin terlihat seperti benjolan kecil yang dikelilingi oleh kulit merah. Beberapa bentuk ruam panas bisa terasa gatal atau menyebabkan sensasi berduri, tetapi biasanya tidak menyakitkan.

Pada bayi, ruam biasanya berkembang di leher, ketiak, lipatan siku, dan selangkangan. Pada anak yang lebih besar, bisa juga terjadi di dada dan punggung. Ruam juga biasanya melibatkan mata, hidung, mulut, telapak tangan, atau telapak kaki.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBanner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia

"Seorang anak dengan ruam seharusnya tidak mengalami demam atau tanda-tanda penyakit lainnya," ujar Dr Sabella.

Biasanya juga, ruam panas hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari dan tidak meninggalkan kerusakan permanen pada kulit. 

Pada bayi yang baru lahir, kondisi biang keringat ini lazim terjadi terutama di minggu-minggu awal kehidupannya. Ini karena kelenjar keringat mereka belum sepenuhnya berkembang, seperti dikutip dari laman Raising Children.

Sementara itu, pada anak yang lebih besar, biang keringat bisa terjadi karena kepanasan, lingkungan yang panas atau lembap, keringat intens dari latihan fisik, dan lainnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 penyebab bintik merah pada bayi dan cara mengatasinya.

[Gambas:Video Haibunda]



KAPAN ANAK PERLU DIBAWA KE DOKTER SAAT ALAMI BIANG KERINGAT?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!