sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, Ini Perbedaan Benjolan Kanker atau Nyeri Payudara pada Busui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 28 Feb 2022 13:05 WIB
Young beautiful woman is breastfeeding a little baby in a cozy room. On the table there is a white Cup and a green plant. On the wall hang a white empty picture frames. No images of nudity caption

Jakarta - Ibu menyusui memang sering kali merasakan nyeri di payudara dan muncul benjolan karena payudara bengkak. Gejala ini memang samar ya, Bunda, karena beda benjolan kanker payudara dan sakit payudara ibu menyusui seringkali membuat busui terkecoh.

Melansir Moffitt, sekitar satu dari delapan wanita akan mengalami beberapa jenis kanker payudara dalam hidupnya. Bunda yang menyusui atau memompa ASI mungkin akan lebih sadar pada kondisi payudaranya karena perubahan cepat yang terjadi saat menyusui.

Sejauh ini, menyusui memang memiliki manfaat kesehatan baik bagi ibu dan juga bayi. Fakta penting lainnya yang harus diperhatikan yakni terkait dengan menyusui dan kanker payudara


Susan Hoover, ahli bedan onkologi di Breast Oncology Program di Moffitt Cancer Center mengatakan ada berbagai faktor risiko untuk perkembangan kanker payudara dan banyak yang tidak dapat dikendalikan oleh wanita.

Namun, dalam hal faktor risiko reproduksi, menyusui telah terbukti mengurangi risiko bagi wanita, kata Dr Susan.

"Satu penelitian yang sangat besar menunjukkan penurunan 4,3 persen dalam risiko relatif perkembangan kanker payudara untuk setiap 12 bulan seorang ibu menyusui," tambah Dr Susan.

Banner Jojo Keong RacunBanner Jojo Keong Racun/ Foto: HaiBunda

Ulasan lainnya menunjukkan risiko 14 persen lebih rendah pada wanita yang telah menyusui jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah menyusui ya, Bunda.

Ia pun menjelaskan saat menyusui, seorang wanita mungkin mengalami keterlambatan dalam siklus menstruasinya, yang pada gilirannya mengurangi paparan estrogen seumur hidupnya. Hormon seperti estrogen telah dikaitkan dengan peningkatan risiko perkembangan kanker payudara.

Walau begitu, risiko kanker payudara memang tetap perlu diwaspadai ya, Bunda. Karena, busui pun tetap berisiko mengalaminya. Busui pun tetap perlu memerhatikan gejalanya saat payudaranya tampak bengkak dan juga nyeri.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 3 cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

BEDA BENJOLAN KANKER DAN NYERI PAYUDARA IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!