sign up SIGN UP search


menyusui

Payudara Bengkak tapi ASI yang Keluar Sedikit, Kok Bisa Sih?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 05 Sep 2022 07:10 WIB
Ilustrasi payudara bengkak caption
Jakarta -

Payudara bengkak tapi ASI yang keluar sedikit? Mungkin memang membingungkan ya, Bunda. Padahal, payudara bengkak kerap menjadi pertanda bahwa ASI dalam payudara busui penuh maksimal.

Ya, sedianya payudara bengkak memang menjadi pertanda ASI berlebihan produksinya sehingga membengkak atau tampak membesar.

Pembengkakan ini sangatlah umum terjadi pada ibu menyusui terutama saat masa-masa awal menyusui saat produksi ASI berlimpah dan belum menyesuaikan dengan kebutuhan bayi.


Penyebab payudara bengkak tapi ASI sedikit

Melansir Breastfeedingsupport, pembengkakan payudara di minggu-minggu awal setelah kelahiran terjadi ketika ada darah dan cairan jaringan ekstra di dalam payudara serta pasokan susu yang masuk.

Payudara yang menyusui juga dapat menjadi penuh dengan ASI kapan saja selama menyusui. Misalnya saja jika bayi menyusui tidak sering atau jika bayi tidak mengosongkan payudara dengan benar karena pelekatan yang buruk.

Serta, pembengkakan payudara juga kerap terjadi karena pakaian ketat yang menekan payudara juga dapat menyebabkan pembengkakan.

Selain itu, ketika bayi mulai menyusu, ASI dikeluarkan dari payudara dalam refkleks neurohormonal (melibatkan saraf dan hormon) yang dikenal sebagai refleks let-down.

Namun, terkadang pembengkakan bisa sangat parah sehingga busui sama sekali tidak bisa mengeluarkan ASI atau bahkan ASI yang keluar sangat sedikit sekali. Selain itu, payudara juga terasa sangat menyakitkan, sangat keras, dan kencang. 

Kondisi ini banyak digambarkan sebagai ASI tersumbat atau ASI macet karena sulitnya ASI keluar ataupun keluar dengan aliran yang kecil.

Biasanya, hal ini disebabkan tekanan ASI di dalam payudara penuh yang pada akhirnya memperlambat produksi ASI lebih lanjut. Mekanisme ini biasanya karena adanya peningkatan lokal dari penumpukan ASI yang dapat mengurangi aliran darah ke payudara dan menekan kelenjar susu yang menyebabkan penghentikan sementara produksi ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk tahu cara mencegah payudara bengkak.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 9 cara mencegah mastitis untuk ibu menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



PAYUDARA BENGKAK TAPI ASI YANG KELUAR SEDIKIT, KOK BISA SIH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!