sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Atasi Payudara Bengkak Saat Menyusui, Jangan Panik Bun!

Nada Zeitalini   |   Haibunda Jumat, 01 Apr 2022 07:48 WIB
Ilustrasi menyusui usai melahirkan caption
Jakarta -

Bunda, pernahkah terpikir bahwa menyusui adalah proses alami yang mudah dilakukan setelah melahirkan bayi? Ternyata, enggak semua Bunda dapat mudah menyusui anaknya, terutama bagi ibu baru di minggu-minggu pertama setelah kelahiran anaknya. 

Saat minggu pertama setelah kelahiran Si Kecil, saluran ASI yang ada di dalam payudara akan mulai terisi. Namun, lantaran Si Kecil yang masih baru belajar menyusu kemungkinan besar belum bisa mengeluarkan ASI secara optimal, akhirnya ASI pun tertimbun di dalam dan kerap menjadi masalah seperti payudara bengkak hingga memicu terjadinya mastitis.

Jika Bunda juga mengalami hal ini jangan dulu panik ya, Bun. Bunda bisa lho meredakan rasa nyeri saat payudara membengkak dengan 4 cara yang dilansir dari berbagai sumber berikut:


1. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum menyusui atau pumping ASI dapat meredakan pembengkakan pada payudara. Rasa hangat dapat membantu refleks meredakan pembengkakan dan membuat ASI lebih mudah mengalir.

Namun, hindari kontak payudara langsung dengan semprotan shower, karena ini dapat membuat payudara yang bengkak menjadi lebih sakit. Jika ingin lebih praktis, Bunda bisa menggunakan kompres hangat ke payudara.

2. Susui bayi atau pompa ASI teratur

Salah satu kunci untuk meredakan payudara yang membengkak adalah dengan menyusui Si Kecil, atau memompa ASI dengan teratur. Buatlah jadwal menyusui setidaknya setiap 1-3 jam.

Selain itu, pompa ASI jika Si Kecil tidak lapar atau di sela Bunda beraktivitas. Namun, pastikan untuk tidak memeras terlalu banyak untuk menghindari produksi berlebih.

3. Gunakan kompres dingin

Selain menggunakan kompres air hangat, Bunda juga bisa mengompres payudara dengan kain yang dingin. Bahkan, Bunda juga bisa mengompres payudara dengan daun kubis setelah setiap menyusui.

Meski terdengar aneh, menempatkan daun kubis hijau yang bersih dan dingin di payudara dapat menenangkan rasa sakit dan pembengkakan. Namun, jangan lakukan ini jika Bunda tak mengalami pembengkakan. Sebab, penggunaan yang berlebihan dapat mengakibatkan berkurangnya suplai ASI.

4. Ubah posisi menyusui

Saat menyusui, pastikan Bunda menggunakan kedua payudara secara bergantian. Hindari menyusui Si Kecil hanya di bagian sisi kiri atau kanan saja. Mulailah untuk menyusui dari satu sisi hingga terasa kosong atau lembek, kemudian jika Si Kecil masih merasa lapar susui lagi di sisi yang berlawanan.

Sama halnya dengan menyusui, pastikan untuk memompa setiap payudara sehingga kedua sisinya benar-benar terkuras.

Selain keempat cara di atas, pembengkakan payudara juga dapat diatasi dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Terlebih selama menyusui, Bunda memerlukan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini juga penting untuk menjaga produksi ASI tetap lancar.

Bunda bisa pilih air mineral yang jelas mengandung mineral esensial yang penting untuk tubuh seperti Le Minerale. Kemasannya terjamin lebih higienis karena menggunakan galon yang selalu baru, bukan galon bekas yang dicuci ulang.

Nah, selain kebersihan air mineral yang terjamin, tutup Galon Le Minerale juga rapat dan kedap udara lho, Bun! Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu dan kotoran. Apalagi kemasan galonnya juga bebas BPA, jadi dijamin aman untuk dikonsumsi Bunda, anak-anak dan seluruh anggota keluarga.

Seperti kita ketahui ya, Bunda, BPA atau Bisphenol-A adalah zat kimia yang banyak digunakan untuk membuat kemasan plastik keras dan tidak mudah hancur. Penggunaan zat kimia BPA ini sangat berbahaya, karena BPA dapat menyebabkan kanker, diabetes, gangguan otak serta perilaku pada anak, hingga peningkatan risiko penyakit jantung.

Mulai sekarang, yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih dan lebih aman!

Simak cara menggunakan daun kubis untuk mengompres payudara bengkak seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fas)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!