sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Meredakan Payudara Bengkak Saat Menyapih Si Kecil

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 20 Mar 2022 06:30 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption
Jakarta -

Payudara bengkak dapat menjadi masalah selama proses menyapih. Kondisi ini umumnya terjadi karena ASI tidak otomatis berhenti saat menyapih, Bunda.

ASI akan terus diproduksi dalam jumlah kecil setelah Bunda memutuskan berhenti menyusui. Akibatnya, payudara akan terasa penuh dan tidak nyaman hingga menimbulkan bengkak.

Payudara bengkak saat menyapih juga bisa dibarengi nyeri dan demam lho. Bila tidak diatasi, kondisi ini bisa menghambat aktivitas merawat anak.


Bengkak dan nyeri di payudara dapat berlangsung selama beberapa hari atau berminggu-minggu. Kebanyakan wanita akan mengalami rasa nyeri parah saat mulai menyapih dan hilang dengan sendirinya seiring waktu.

Namun, bila rasa nyeri tidak berkurang setelah berhari-hari, Bunda sebaiknya segera mencari bantuan ke dokter atau konsultan laktasi ya. Selain itu, lakukan langkah-langkah yang bisa meredakan payudara bengkak.

Ilustrasi Ibu Menyusui MinumIlustrasi Ibu Menyusui Minum/ Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios

Cara meredakan payudara bengkak

Melansir dari berbagai sumber, berikut 3 cara meredakan payudara bengkak dan nyeri saat menyapih anak:

1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat meredakan peradangan dan payudara bengkak saat menyapih. Kompres dingin juga dapat membantu menurunkan produksi ASI lho.

Bunda dapat menggunakan daun kubis untuk kompres nih. Daun kubis dapat mengurangi sakit dan payudara bengkak. Daun kubis mengandung senyawa yang memiliki efek anti-nyeri dan anti-inflamasi.

2. Minum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri dapat diminum saat payudara bengkak disertai nyeri. Bunda bisa minum parasetamol 500 miligram (mg) setiap 4 jam untuk mengurangi nyeri.

Meski aman, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter untuk penggunaan obat ya, termasuk dosis dan aturan minum obat.

3. Minum banyak air

Minum banyak air sangat disarankan selama menyusui dan menyapih. Selain bisa mencegah payudara bengkak, konsumsi air mineral juga bisa meredakan kondisi ini, Bunda.

Air dapat menjaga sistem limfatik bekerja secara efisien. Air juga bisa membantu meminimalkan ASI tersumbat selama terjadi pembengkakan di payudara.

Nah, pilih air mineral untuk konsumsi selama menyusui juga harus tepat ya. Pilih yang jelas mengandung mineral esensial yang penting untuk tubuh seperti Le Minerale. Kemasannya terjamin lebih higienis karena menggunakan galon yang selalu baru, bukan galon bekas yang dicuci ulang.

Nah, selain kebersihan air mineral yang terjamin, tutup Galon Le Minerale juga rapat dan kedap udara lho, Bun! Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu dan kotoran. Apalagi kemasan galon nya juga bebas BPA, jadi dijamin aman untuk dikonsumsi Bunda, anak-anak dan seluruh anggota keluarga.

Seperti kita ketahui ya, Bunda, BPA atau Bisphenol-A adalah zat kimia yang banyak digunakan untuk membuat kemasan plastik keras dan tidak mudah hancur. Penggunaan zat kimia BPA ini sangat berbahaya, karena BPA dapat menyebabkan kanker, diabetes, gangguan otak serta perilaku pada anak, hingga peningkatan risiko penyakit jantung.

Mulai sekarang, yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih dan lebih aman!

Simak juga 7 makanan yang ampuh melancarkan ASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!