sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi ASI Terserang Diare? Kenali Penyebabnya Dulu Yuk Sebelum Cari Obat

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 22 Apr 2022 13:40 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Saat Si Kecil yang masih menyusu terserang penyakit, memang membuat tak nyaman ya Bunda. Kondisi tubuh Si Kecil yang lemas saat sakit memang bisa membuat proses menyusui terhambat. Misalnya saja saat Si Kecil tengah mengalami diare sehingga terus buang air besar.

Bukan tak mungkin bayi akan rewel saat mengalami diare. Meski begitu, tetap usahakan terus menyusui Si Kecil ya sebab ia sangat membutuhkan ASI untuk tetap menghidrasi tubuhnya. 

Bila bayi ASI diare

Saat bayi diare, sebaiknya Bunda menyusui dengan tetap menjaga kesehatan ekstra ya, Bunda. Termasuk sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan area payudara serta memenuhi nutrisi tubuh secara seimbang.


Banner Tanda Janin LaparTanda Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Salah satu yang kerap dialami bayi saat mereka menyusu yakni kondisi diare ya, Bunda. Hal ini wajar karena memang pencernaan bayi masih sensitif. Nah, pada kondisi ini biasanya ibu yang menyusui bayi diare sering kali dilanda kepanikan. Apalagi, jika tingkat diarenya semakin meningkat.

Penyebab diare sendiri pada bayi dapat disebabkan banyak faktor ya, Bunda. Bisa berasal dari virus, bakteri, organisme jamur dan parasit di mana dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan diare pada buah hati.

Dalam hal ini, jangan sampai salah penanganannya. Tidak semua bayi diare membutuhkan antibiotik dalam pengobatannya. Itu sebabnya, harus dicari terlebih dahulu penyebab buang air besar terus menerus.

Close up woman breastfeeding baby at home.Diare pada ibu menyusui dan bayi ASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Maria Korneeva

Selain itu, anak-anak yang ditempatkan di day care dan menghabiskan waktu di sekitar bersama anak-anak lainnya juga rentan tertular kuman yang menyebar dengan mudah melalui kontak satu sama lain atau mainan.

Itu sebabnya, anak-anak yang menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah lebih rentan mengalami diare, Bunda. 

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan selengkapnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang 5 obat diare alami untuk ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI SAAT BAYI ASI DIARE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!