sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi ASI Tiba-tiba Menolak Disusui, Ketahui yuk Penyebab dan Cara Mengatasinya

Khesedtov Bana   |   Haibunda Jumat, 10 Jun 2022 15:02 WIB
Young single mother holds a baby boy in matching white and blue striped clothes while he is crying. They are lying down on a white blanket. caption
Jakarta -

Menjadi ibu baru tentu bukanlah hal yang mudah. Bunda akan banyak menemukan hal baru yang terus terjadi dalam perkembangan Si Kecil.

Adapun memberi ASI eksklusif merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Bunda. Namun, setelah beberapa waktu, Si Kecil yang biasa dengan mudah menerima ASI bisa dengan tiba-tiba menangis dan menolak diberi susu. Bunda pasti merasa sedih, bersalah, serta kebingungan.

Si kecil yang belum bisa diajak berkomunikasi, pasti membuat Bunda jadi frustrasi. Hal ini kerap terjadi Bunda, dan biasanya tak berlangsung lama. Bunda tidak perlu khawatir berlebih.


Melansir dari lama Healthline, sebetulnya banyak sekali alasan yang bisa menyebabkan anak menolak untuk disusui. Dari semua alasan tersebut tak bisa dipastikan mana yang sedang dialami.

Namun, setidaknya ada beberapa pola yang bisa Bunda pelajari. Pada 2 minggu pertama, bayi cenderung kesulitan untuk mencari puting payudara Bunda. Biasanya bayi akan terlihat menggelengkan kepala seakan berkata tidak, padahal ia mencari puting.

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Pada usia yang sama, Si Kecil bisa saja melepas payudara Bunda dan menangis. Ini bisa menjadi tanda ia kekurangan ASI, dan sebetulnya masih lapar. Jika Bunda punya kecurigaan ini, Bunda bisa lakukan konsultasi bersama dokter sesegera mungkin. Konsultasi ini berguna untuk menentukan seberapa banyak asupan yang dibutuhkan sama dengan asupan yang Si Kecil terima.

Jika, penolakan terjadi pada 3 bulan pertama, bayi bisa saja alami cluster feeding atau nafsu makan yang begitu tinggi sehingga ia terlihat terus kelaparan. Ini bisa membuat bayi menjadi sedikit rewel, Bunda.

Kelebihan dan aliran ASI yang cepat ternyata dapat membuat Si Kecil kewalahan. Aliran susu yang cepat, akan membuat bayi kebingungan, lantaran tak bisa menyeimbangkan pernapasan dan saat mengisap.

Alami peningkatan pertumbuhan atau growth spruts, pada tahap ini bayi akan menjadi rewel, dan lebih lapar daripada biasanya. Growth spruts terjadi dalam kurun waktu 1-2 hari, dalam beberapa kasus terjadi selama 3-4 hari.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk untuk tahu penyebab bayi menolak ASI lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 kondisi Bunda yang membutuhkan konselor laktasi:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB BAYI MENOLAK DISUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!