sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Sabtu, 23 Apr 2022 07:10 WIB
young mother breastfeeding caption

Memberikan ASI eksklusif selama enam bulan merupakan momen emas bagi Bunda dan Si Kecil. Setiap ibu pasti tidak ingin melewatkannya, dan berusaha memberikan yang terbaik. Tidak terkecuali Bunda, yang tentunya juga ingin memberikan asupan nutrisi terbaik untuk Si Kecil.

Seperti Bunda sudah ketahui bahwa apapun yang Bunda konsumsi pasti akan dikonsumsi juga oleh Si Kecil. Maka itu, memakan makanan yang bergizi akan membawa dampak yang baik untuk Si Kecil. Dari berbagai jenis makanan yang bergizi yang bisa dikonsumsi ibu menyusui, sawi hijau adalah salah satunya.

Sawi hijau adalah sayuran yang mudah Bunda jumpai di berbagai sudut pasar. Nah, sawi hijau adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat dan mengandung banyak nutrisi.


Banyak orang yang mengonsumsinya karena sawi hijau termasuk sayuran yang rendah kalori, namun kaya serat dan mengandung zat gizi mikro.

Selain itu, seperti yang dilansir dari Healthline, sawi hijau juga mengandung:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui

Dengan kandungan sebanyak itu, apa saja manfaatnya untuk ibu menyusui? Berikut adalah manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Melindungi diri dari penyakit

Menyusui bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Energi Bunda akan terkuras banyak. Jika tidak memperhatikan kesehatan badan, Bunda akan mudah terserang penyakit.

Seperti yang dilansir dari Healthline, berbagai jenis sawi pada umumnya adalah sumber antioksidan yang melimpah. Di dalamnya ada antioksidan seperti flavonoid, beta karoten, lutein, dan beberapa vitamin seperti vitamin C dan E.

Lebih dari itu, memasukkan sawi ke dalam menu makanan Bunda juga dapat melindungi Bunda dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif. 

2. Memperkuat tulang

Menyusui bukan hanya soal produksi ASI, tetapi juga dapat berpengaruh kepada kekuatan tulang dan sendi Bunda. Ibu menyusui diketahui sangat rentan terkena radang sendi.

Nah, sayuran seperti sawi hijau mengandung vitamin K dan mikronutrien yang larut dalam lemak yang menyehatkan tulang. Selain itu, sawi hijau juga mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri.

Ilustrasi sawi hijau atau chou sumManfaat sawi hijau untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/LRArmstrong

3. Meningkatkan produksi ASI

Jika Bunda khawatir tentang produksi ASI, maka sudah saatnya Bunda mengonsumsi sayuran hijau seperti sawi hijau. Sayuran hijau dapat meningkatkan produksi ASI.

Hal ini karena sayuran hijau seperti sawi hijau kaya akan mineral seperti zat besi, kalsium, dan folat.  Ibu menyusui memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau, agar bisa meningkatkan laktasi.

4. ASI jadi lebih berkualitas

Bunda tentu mengerti, apa yang Bunda konsumsi akan dikonsumsi pula oleh Si Kecil. Untuk itu, Bunda perlu mengonsumsi sayuran hijau seperti sawi hijau yang kaya akan vitamin dan mineral.

Ibu menyusui sangat disarankan untuk memakan sayuran hijau satu hingga dua kali dalam sehari agar bisa memperlancar laktasi dan membuat ASI lebih berkualitas.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sawi hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh Bunda lho. Sawi hijau diketahui mengandung vitamin C.

Vitamin C sangat bermanfaat untuk melindungi Bunda dari berbagai penyakit. Berbagai penelitian menunjukkan, tidak mendapat asupan vitamin C yang cukup dapat membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit.

Selain itu, sawi hijau juga mengandung vitamin A yang baik untuk mendukung respon imun.

Agar aman memakan sawi hijau

Sebagaimana sayuran lainnya, ketika Bunda telah membeli sawi hijau, pastikan Bunda segera mencucinya. Sawi hijau bisa saja terkontaminasi bakteri, sehingga penting bagi Bunda untuk mencucinya dengan menyeluruh.

Bunda juga bisa menyimpan sawi hijau di dalam kulkas, seperti Bunda menyimpan sayuran seperti biasanya. Bunda bisa menyimpan sawi hijau di dalam kulkas dengan mangkok yang ditutupi oleh plastik.

Sawi hijau yang disimpan di dalam kulkas akan tetap segar dalam tiga hingga lima hari.


Itulah kandungan dan manfaat sawi hijau yang bermanfaat untuk ibu menyusui. Tetap jaga kesehatan ya Bunda.

Semoga bermanfaat. 

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!