sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Bisa Menyebabkan Jerawat Bayi? Simak Fakta dan 8 Cara Mengatasinya

Meita Fajriana   |   Haibunda Jumat, 22 Apr 2022 07:10 WIB
bayi minum asi perah dari cup feeder caption

Jerawat bayi umum terjadi, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai karena memiliki menyebabkan gejala serupa Bunda. 

Melansir dari laman Verywell Health, jerawat bayi baru lahir yang juga disebut sebagai jerawat neonatal adalah suatu kondisi yang muncul dalam enam minggu pertama kehidupan bayi. Penyebab pasti dari jerawat neonatal ini tidak pasti, tetapi diperkirakan berkembang karena hormon atau reaksi terhadap jamur yang hidup di kulit bayi. 

Salah satu penyebab jamur berkembang di kulit bayi adalah dari sisa ASI yang menempel di area wajah dan tubuh Si Kecil Bunda. Namun apakah ASI dapat menyebabkan munculnya jerawat bayi? Belum ada penelitian yang menjelaskan hal ini, namun tidak menutup kemungkinan ASI menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat bayi. 


"Jerawat bayi baru lahir biasanya muncul selama dua minggu pertama setelah lahir, meskipun dapat terjadi kapan saja sebelum usia enam minggu," kata Lyndsey Garbi dokter anak yang berbasis Di Amerika.

Banner Tanda Janin LaparTanda Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Penyebab jerawat bayi

Penyebab pasti jerawat pada bayi baru lahir tidak diketahui Bunda. Meskipun bisa berasal dari hormon tingkat tinggi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa reaksi inflamasi terhadap kolonisasi kulit dengan ragi atau jamur Malassezia adalah penyebabnya.

Selain itu, karena kulit bayi sangat halus, ia dapat teriritasi jika terkena susu, susu formula, atau ludahnya sendiri, yang dapat menyebabkan jerawat. Kain atau pakaian kasar yang dicuci dengan deterjen keras juga dapat memperburuk kulit halus dan membuat jerawat bayi menjadi lebih parah Bunda. 

Jika bayi baru lahir Bunda memiliki jerawat, Bunda bisa minta rekomendasi dokter tentang sabun, losion, atau krim mana yang terbaik untuk digunakan, karena beberapa dapat menyebabkan iritasi. Terlebih kulit bayi yang masih sensitif. 

Selain itu, obat-obatan tertentu, penyakit virus, dan reaksi alergi juga dapat menyebabkan ruam seperti jerawat pada kulit bayi. Jika bayi Bunda mengalami ruam atau jerawat setelah sakit atau minum obat baru, segera konsultasi ke dokter ya Bunda.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya. 

Bunda, ternyata ini penyebab ASI seperti puding. Klik dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PERAWATAN JERAWAT BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!