sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Bayi yang Tumbuh Gigi Menggigit Saat Disusui? Ini 5 Cara Mengatasinya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 29 Jun 2022 07:05 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bayi menggigit puting saat menyusu bisa berakibat fatal pada puting Bunda. Kalau dibiarkan berlarut-larut bisa membuat puting payudara lecet dan bengkak. 

Saat payudara bermasalah dan Bunda selalu merasa tak nyaman saat menyusui, kondisi ini juga bisa membuat anak mendapatkan sedikit ASI. Solusinya, cari tahu dulu akar permasalahan anak jadi senang menggigit puting saat disusui.

Penyebab bayi mengigit puting saat disusui

Lalu benarkah kebiasaan menggigit puting muncul saat anak tumbuh gigi?


Konsultan laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC mengatakan, kemampuan bayi menggigit puting tidak bisa dijadikan alasan untuk berhenti menyusui ya. Bila bayi menyusu dengan benar, seharusnya Bunda tidak akan merasakannya menggigit puting.

1. Posisi menyusui salah

"Jika bayi menyusu dengan benar, maka Anda seharusnya tidak merasakan giginya. Perlu diingat juga bahwa secara fisik bayi tidak mungkin menyusu dan menggigit secara bersamaan, karena lidah menutupi gigi atau gusi bawah saat bayi menyusu," kata Bonyata dikutip dari Kelly Mom.

Banner Eklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFIEklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFI/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

2. Gigi bayi tumbuh

Meski begitu, bayi menggigit puting bisa menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Kondisi ini dapat diperparah saat giginya mulai tumbuh.

Bayi dapat mengubah pelekatan menyusui saat tumbuh gigi baru. Bagi bayi, menyusui dapat terasa berbeda pada kondisi tersebut.

"Menyusui dapat terasa berbeda bagi mereka dengan gigi baru. Seiring waktu, bayi akan belajar menyusu lebih baik dengan gigi baru dan Anda tidak akan begitu menyadarinya," kata Bonyata.

Waktu bayi tumbuh gigi akan terasa berat bagi Bunda. Selain karena tidak nyaman, puting bisa iristasi.

Ketika bayi tumbuh gigi, mereka akan menghasilkan lebih banyak air liur yang dapat mengiritasi jaringan puting. Pada bayi sudah MPASI, terkadang partikel makanan yang tertinggal di mulut juga dapat mengiritasi jaringan puting, Bunda.

3. Bosan saat disusui

Selain karena tumbuh gigi, bayi suka menggigit puting karena mulai bosan dan tidak lapar lagi. Dikutip dari Flo Health, biasanya ini terjadi di akhir sesi menyusui.

Jika bayi mulai mengalami masalah ini, maka perhatikan tanda-tanda kebosanan, dan jauhkan bayi dari payudara sebelum dia mulai menggigit. Lalu bagaimana cara mengatasi bayi suka menggigit puting saat tumbuh gigi? Baca halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 cara mengatasi payudara bengkak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI BAYI SUKA MENGGIGIT PUTING KARENA TUMBUH GIGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!