sign up SIGN UP search


menyusui

4 Penyebab Bibir Bayi Hitam Setelah Minum ASI, Hentikan Kebiasaan yang Salah

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 11:25 WIB
Nama Bayi Laki-laki caption

Jakarta - ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Tetapi, ada beberapa Bunda beranggapan bahwa ASI juga bisa menyebabkan bibir bayi hitam. Benar enggak sih, Bunda?

Melansir dari Medical News Today, bayi yang baru lahir terkadang mengalami kulit kering dan bibir mereka mungkin tampak pecah-pecah saat kulit menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar rahim. 

Pada sebagian bayi yang baru lahir, bibirnya tampak lebih kering dan merah daripada bibir bayi yang lebih besar. Tetapi, ini tidak menyebabkan tanda-tanda rasa sakit atau ketidaknyamanan. Terkadang, bibir pecah-pecah terlihat tidak nyaman bagi bayi yang baru lahir. Hanya saja, gejala ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan ya, Bunda.


Jika gejala lain juga ada, bibir pecah-pecah dapat menunjukkan kondisi yang mendasarinya seperti infeksi atau dehidrasi. Jika bayi yang baru lahir memiliki bibir pecah-pecah atau kronis atau gejala lainnya, yang terbaik ialah segera menemui dokter untuk menyingkirkan penyebab seriusnya.

Selain bibir pecah-pecah, bibir bayi menjadi hitam setelah menyusui juga menjadi kekhawatiran para ibu menyusui secara umum. Seperti diketahui, bibir memang dapat memberikan banyak petunjuk tentang kesehatan bayi ya, Bunda.

Bunda mungkin melihat bibir bayi menghitam setelah menyusu. Terkadang, perubahan warna bibir terjadi setelah bayi mulai meminum ASI melalui botol atau cangkir.

Ya, Bunda, enggak salah kok kalau alasan paling umum di balik perubahan warna bibir bayi ialah ASI. Namun, bibir bayi tidak berubah menjadi gelap karena menyusu. Tetapi, hal itu terjadi karena sisa susu tidak terhapus dengan baik dari bibir bayi setelah mereka menyusui.

"Ya, bibir bayi akan menghitam jika tidak dibersihkan usai menyusu. Gunakan pelembab bibir bayi yang berkualitas baik. Tetaplah menyusui 2-3 jam dan sesuai permintaan mereka untuk menjaga hidrasi kulit bayi,"ujar Dr Disha Patel, physician expert, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Apakah hal itu berbahaya? Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk pentingnya membersihkan mulut dan gigi bayi seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BISAKAH BIBIR BAYI HITAM KARENA ASI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!