sign up SIGN UP search


menyusui

Busui Hobi Lahap Makanan Pedas, Adakah Dampaknya bagi Bayi?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 14:10 WIB
Woman holding red pepper in her mouth caption

Jakarta - Makanan pedas memang membantu memicu selera makan ya Bunda. Karena itu, rasanya sulit sekali meninggalkan makanan pedas termasuk saat menyusui. Hmm, kira-kira ada dampak busui makan pedas bagi bayi enggak sih, Bunda? Cari tahu yuk!

Menyusui memang menjadi pekerjaan rumah tersendiri ya, Bunda. Salah satunya, Bunda perlu mengatur nutrisi dengan baik karena bayi yang menyusu mengambil nutrisi dari apa yang Bunda makan.

Tak sedikit Bunda yang menyusui pun memiliki daftar makanan yang perlu dihindari dalam menu harian. Salah satunya yakni makanan pedas karena dikhawatirkan dapat berdampak pada bayi yang memiliki pencernaan yang sensitif.


Kabar baiknya, daftar makanan yang harus dihindari saat menyusui tidaklah yang selama ini Bunda kira. Mengapa? Karena kelenjar susu yang memproduksi ASI dan sel penghasil ASI membantu mengatur seberapa banyak dari apa yang Bunda makan dan minum benar-benar sampai ke bayi melalui ASI.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

"Ibu menyusui tidak perlu takut dengan makanan pedas,"kata Paula Meier, Ph.D,  director for clinical research and lactation di the Neonatal Intensive Care Unit at Rush University Medical Center di Chicago, seperti dikutip dari laman Parents.

Pada saat bayi  menyusu, Dr Meier mengatakan, mereka sudah terbiasa dengan rasa yang Bunda konsumsi. Jika seorang ibu telah makan berbagai macam makanan yang berbeda selama kehamilan, itu dapat mengubah rasa dan bau cairan ketuban yang mana bayi terpapar dan tercium di dalam rahim, tambahnya.

Ilustrasi wanita makan atau diet Busui Hobi Lahap Makanan Pedas, Adakah Dampaknya bagi Bayi?/ Foto: Getty Images/andresr

Dan, pada dasarnya juga, menyusui merupakan langkah selanjutnya dari cairan ketuban ke dalam ASI ya, Bunda. 

Faktanya, beberapa makanan yang busui pilih untuk dihindari saat menyusui, seperti rempah dan makanan pedas, justru menggoda bayi. Pada awal 90-an, peneliti Julie Mennella dan gary Beauchamp melakukan penelitian dengan ibu menyusui bayinya diberi pil bawang putih sementara lainnya diberikan plasebo.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Tengok juga yuk video tentang alasan mengapa bayi menolak ASI, salah satunya mungkin Si Kecil stres.

[Gambas:Video Haibunda]



STOK ADAKAH DAMPAK BUSUI MAKAN PEDAS BAGI BAYI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!