menyusui

Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung, Benarkah?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 05 Nov 2019 08:07 WIB
Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung, Benarkah?
Jakarta - Ibu menyusui sering dapat nasihat soal asupannya. Salah satunya tentang minum soda. Ibu menyusui disarankan enggak minum soda karena dikhawatirkan bayi bakal kembung. Benarkah demikian?

Kata ahli gizi Kellie Kong, memang ibu menyusui perlu menerapkan diet seimbang. Tujuannya, agar ibu cepat pulih setelah melahirkan dan produksi ASI. Enggak cuma itu, makan asupan bergizi seimbang juga meningkatkan energi dan sistem imun ibu menyusui. Lantas, gimana dengan soda?

"Makanan dan minuman, termasuk soda yang terdiri dari pemanis yang disetujui Food and Drug Adminsitration (FDA) seperti aspartame, cesulfame potassium, dan sucralose aman ketika dikonsumsi dalam jumlah tak berlebihan," kata Kong dilansir Health Xchange.


Dikutip dari The Children, pada dasarnya soda seperti soft drink mengandung kafein.. Nah, bagi ibu menyusui, jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, bayinya bisa rewel dan mengalami masalah pencernaan. Disarankan, Bunda maksimal minum soda dua cangkir sehari.

Tapi ingat juga bahwa soda bisa mengandung pemanis tambahan. Bila dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2 bahkan obesitas. Lalu, gimana dengan anggapan ibu menyusui minum soda bikin bayi kembung?

Menurut pakar laktasi Kelly Bonyata, tak ada makanan yang mesti dipantang ibu menyusui kecuali setelah ibu makan makanan tertentu, timbul reaksi jelas pada bayi. Perut kembung umum terjadi pada bayi karena sistem pencernaan mereka belum matang. Ketika bayi teralu banyak menghirup udara saat menyusu, dia juga bisa kembung, Bun.

"Beberapa hal yang bisa bikin bayi kembung adalah menghirup udara ketika dia menangis. Menyusu pakai dot, sehingga aliran susu yang masuk lebih lambat dan ada kesempatan udara masuk. Bahkan, mengisap botol susu yang sudah habis bisa bikin bayi kembung karena dia mengisap udara," kata Bonyata dilansir Kellymom.

lIlustrasi ibu menyusui minum soda/ Foto: iStock
Terlalu banyak menyusu juga bisa bikin bayi kembung, selain muntah. Perut bayi kembung juga bisa terjadi ketika dia sensitif pada beberapa bahan makanan yang dikonsumsi ibu. Atau, bisa juga perut bayi kembung karena ibu menyusui sedang mengonsumsi vitamin, herba, atau obat yang sensitif buat anak.

Jika kembung anak tak kunjung hilang, baiknya konsul ke dokter ya, Bunda.

Cerita drama menyusui Eriska Rein bisa Bunda simak di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi