sign up SIGN UP search


menyusui

Kenali Benjolan Payudara Tanda Mastitis, Kulit di Sekitar Payudara Meregang

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 06 May 2022 11:22 WIB
breast pump on the table, in the background mother breastfeeds the baby caption

Jakarta - Risiko mastitis bisa menghampiri ibu menyusui kapan pun. Biasanya, benjolan payudara tanda mastitis muncul sebagai gejalanya ya, Bunda. 

Kehadiran mastitis memang perlu diwaspadai pasca persalinan. Risiko ini bisa menjadi kondisi yang tak nyaman bagi ibu menyusui khususnya para ibu baru. Sebab, hal tersebut dapat mengacaukan proses menyusui ya, Bunda.

Secara klinis, mastitis merupakan area payudara yang terasa nyeri, panas, terdapat benjolan payudara, bengkak, dan disertai demam, menggigil seperti sakit flu dan penyakit sistemik, menurut The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG).


Penelitian sendiri menunjukkan kondisi ini dapat terjadi pada sebanyak 33 persen ibu menyusui terutama pada beberapa minggu pertama pasca persalinan.

"Ini bukan hanya kondisi yang dapat terjadi pada ibu yang sedang menyusui," ujar Jessica Madden, M.D, seorang dokter anak dan konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Forbes.

Ditambahkan Madden bahwa mastitis mutlak dapat terjadi pada ibu yang menyusui secara eksklusif, menyusui bayi kembar, atau menyusui kombinasi dengan susu formula. Jika payudara menghasilkan susu, maka ia berisiko mengalami mastitis.

Mengenai penyebab mastitis sendiri, layaknya wastafel kamar mandi yang tersumbat, saluran susu yang tersumbat atau sumbatan di payudara juga dapat menghentikan atau memperlambat aliran ASI dan membuat seseorang rentan terhadap mastitis.

Dalam kebanyakan kasus, sumber penyumbatan berada lebih dalam di jaringan payudara dibandingkan langsung di puting. Mastitis ada karena saluran yang tersumbat adalah jinak dan bukan infeksi tetapi dapat berkembang menjadi satu jika tidak diobati dan bertahan selama lebih dari 24 jam. Pada titik ini, kondisi tersebut membutuhkan perawatan medis.

Penyebab mastitis sendiri biasanya dikarenakan pemberian makan yang jarang, melewatkan sesi menyusui, menyapih secara tiba-tiba, pembengkakan yang tidak teratasi, dan lainnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

SEPERTI APA BENJOLAN PAYUDARA TANDA MASTITIS?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!