sign up SIGN UP search


menyusui

Nyeri Payudara Tapi Tidak ada Benjolan? Kenali Penyebab & Cara Mengatasinya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 07:10 WIB
Ilustrasi kanker payudara Ilustrasi nyeri payudara tanpa benjolan/Foto: iStock
Jakarta -

Nyeri payudara menjadi salah satu gejala yang sering dialami oleh kaum perempuan, Bun. Nyeri ini bisa jadi penanda bahwa tubuh sedang mengalami perubahan hormon atau bahkan 'alarm' adanya benda asing seperti kanker.

Nyeri payudara dapat menjadi hal wajar, tetapi ada juga yang harus diwaspadai. Dengan catatan bahwa nyeri payudara ini tidak ada benjolan ya, Bun. Jika Bunda mengalami nyeri payudara macam itu makan berikut adalah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab nyeri payudara tanpa benjolan


Woman holding hand to spot of pain area, chest pain, Health care concept. Sick woman with indigestion problem, acid reflux or gerd symptoms; woman health care, body care, sickness, pain, acid reflux conceptNyeri payudara/ Foto: iStock

1. Menstruasi

Penyebab adanya nyeri payudara atau mastalgia yang pertama adalah karena siklus menstruasi. Ini terbilang wajar karena perubahan hormon dalam tubuh Bunda.

Banner 5 Tanda Janin MeninggalBanner 5 Tanda Janin Meninggal/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Nyeri terjadi karena hormon estrogen dalam tubuh lebih banyak jika dibandingkan dengan progesteron dan membuat payudara membengkak. Nyeri payudara karena siklus menstruasi biasanya terjadi selama beberapa hari atau seminggu sebelum seorang perempuan mulai menstruasi. Pada saat itu, payudara akan terasa lebih berisi atau padat.

2. Ukuran payudara

Nyeri payudara juga dapat terjadi karena ukuran payudara. Biasanya semakin besar ukuran payudara seseorang, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mengalami nyeri payudara. Nyeri payudara tapi tidak ada benjolan yang satu ini dapat lebih sering dirasakan apabila menggunakan ukuran bra yang tidak tepat atau tidak sesuai.

3. Peradangan payudara

Ibu menyusui rentan mengalami peradangan payudara atau dalam istilah medis sering disebut mastitis. Peradangan ini terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran ASI yang membuat nyeri payudara bahkan bengkak.

4. Obat

Konsumsi obat yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada payudara. Contoh obat-obat yang mungkin tidak cocok dan membuat payudara penggunanya nyeri seperti KB, anti-depresan, anti-psikotik, dan obat dengan efek samping lain.

5. Cedera pada dada

Nyeri dada tanpa benjolan juga dapat terjadi karena cedera di mana otot bagian dada mengalami tarikan yang cukup kuat atau kencang hingga menimbulkan nyeri payudara. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang sedang olahraga dengan intensitas atau beban yang berlebihan.

6. Pola makan tidak sehat

Mungkin banyak orang yang tidak sadar dan tidak peduli bahwa pola makan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan. Nyeri dada juga bisa disebabkan karena pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi lemak, kafein, makanan dengan kadar gula tinggi yang berlebihan.

Cara mengatasi nyeri payudara

Ilustrasi payudara bengkakNyeri payudara/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Konsultasi dengan dokter

Jika Bunda takut mengenai penyebab dari rasa nyeri payudara yang dirasakan maka lebih baik berkonsultasi kepada dokter lebih dulu. Ini untuk mengetahui kondisi dan penyebab yang sebenarnya daripada Bunda menduga-duga penyakit sendiri. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter juga akan membuat Bunda mendapatkan saran terkait obat untuk mengatasi nyeri payudara tanpa benjolan.

Konsumsi makanan sehat

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab nyeri payudara adalah akibat pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, seimbangkan nutrisi yang Bunda konsumsi dan perbanyak makanan seperti buah, sayur, air putih, dan jangan lupa olahraga.

Lakukan pijat payudara

Sebagai treatment tambahan, Bunda juga dapat melakukan pijat payudara secara mandiri untuk meredakan nyeri dan mengurangi risiko kanker.

Gunakan bra yang sesuai

Gunakan bra yang memang sesuai dengan ukuran payudara Bunda masing-masing. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Selain itu, sesuaikan pula jenis bra yang Bunda gunakan dengan aktivitas yang dilakukan. Contohnya, ketika Bunda sedang berolahraga, maka gunakan bra sport agar lebih nyaman.

Begitulah sedikit pemaparan terkait penyebab nyeri payudara tapi tidak ada benjolan dan cara mengatasinya. Ayo tingkatkan kewaspadaan Bunda tentang kesehatan payudara Bunda masing-masing! (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips memilih salep puting agar lecet bisa sembuh. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!