sign up SIGN UP search


menyusui

5 Makanan yang Ampuh Bikin ASI Lebih Kental, Bayi pun Cepat Kenyang Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 12 May 2022 07:10 WIB
Mother pouring milk caption

Jakarta - ASI merupakan asupan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, ya Bunda. Apalagi jika Si Kecil masih dalam usia hitungan bulan, kenaikan berat badan satu ons saja sepertinya sangat berarti.

Sebab, kenaikan berat badan Si Kecil menjadi salah satu pertanda bahwa ia ternutrisi cukup baik. Karena itu, tidak jarang pada Bunda pun melakukan banyak upaya ya agar bisa memberikan ASI yang cukup untuk bayi.

Selain suplai ASI, hal lain yang juga biasanya disoroti yakni tingkat kekentalan ASI. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa ASI yang kental mampu membuat bayi lebih kenyang. 


Hal itu tak sepenuhnya salah kok Bunda, faktanya ASI kental atau biasa disebut hindmilk memang mengandung lebih banyak lemak sehingga dipercaya dapat berpengaruh signifikan pada kenaikan berat badan Si Kecil.

Mengutip dari Healthline, walaupun hindmilk dan foremilk sama pentingnya untuk Si Kecil,  hindmilk berisi lebih banyak lemak daripada susu yang keluar sebelumnya, yang biasa disebut foremilk. Hindmilk sering kali tampak kental dan lembut serta lebih kaya dan lebih padat kalori daripada foremilk.

Banner 5 Tanda Janin Meninggal5 Tanda Janin Meninggal/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

“Secara umum, foremilk memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sementara hindmilk memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi.” Papar Dr. Karen Gill, dokter anak bersertifikat dari Portland, kepada Healthline.

Makanan yang mampu membuat ASI lebih kental 

Lalu apa yang bisa busui upayakan agar mendapatkan lebih banyak ASI kental? Bunda bisa mencoba beberapa makanan yang mampu mendukung pembentukan ASI kental. Berikut daftarnya:

Mengutip dari Sanfordhealth, terdapat beberapa makanan yang bisa membantu ASI cepat kental sebagai berikut:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan sumber zinc yang sangat diperlukan oleh ibu menyusui. Terdapat banyak jenis kacang yang bisa Bunda dapatkan dengan mudah ya. mulai dari kacang tanah yang enak dijadikan camilan, sampai kacang panjang yang bisa Bunda jadikan lalapan segar saat makan. 

2. Salmon dan sarden

Salmon sangat bagus untuk ibu menyusui karena mengandung DHA dalam jumlah besar, sejenis lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi, Bunda. 

Salmon kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3, yang merupakan salah satu dari sedikit sumber yang memiliki vitamin D alami. Sementara, banyak lho Bunda yang kekurangan vitamin D. 

Raw tuna and salmon steak and ingredients for cooking on a dark background. Top view5 Makanan yang Ampuh Bikin ASI Lebih Kental, Bayi pun Cepat Kenyang Bun/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Roxiller

3. Sayuran berdaun hijau

Brokoli dan bayam adalah beberapa di antara jenis sayuran hijau yang mendukung ASI Bunda cepat kental.  Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, E, dan K serta antioksidan dan mineral termasuk kalsium yang sangat mendukung kesehatan Bunda saat selama menyusui. Tidak hanya sehat, ASI Bunda dijamin kental, Bunda.

Ketahui makanan lain yang mampu mengentalkan ASI di halaman selanjutnya yuk.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab ASI kental seperti puding:

[Gambas:Video Haibunda]



 

LENGKAPI DENGAN SUSU DAN TELUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!