sign up SIGN UP search


menyusui

Biar Enggak Kendur Bun, Ini 10 Cara Kencangkan Kembali Payudara Usai Menyapih

Kinan   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 13:50 WIB
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. caption

Jakarta - Setelah menyapih, salah satu keluhan yang kerap dialami oleh busui yakni payudara tak lagi kencang. Hmm, bagaimana cara mengencangkan payudara usai menyapih?

Dikutip dari Web MD, selama masa kehamilan dan menyusui umumnya ukuran payudara bisa berubah. Ini ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak yang ada. 

Proses produksi ASI di dalam tubuh akan menciptakan jaringan yang lebih padat di payudara. Maka dari itu, setelah menyapih biasanya akan ada perubahan pada jaringan lemak di payudara.


Pada sebagian wanita, payudara dapat menjadi tampak kendur usai menyapih alias tidak kembali ke ukuran atau bentuk seperti saat sebelum menyusui. 

Banner Dongeng Anak Sebelum TidurDongeng Anak Sebelum Tidur/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

Faktor-faktor yang memengaruhi bentuk payudara

Saat masa menyusui, aliran ASI dapat meregangkan kulit dan jaringan payudara. Setelah menyapih, tidak ada lagi ASI yang 'mengisi' payudara, sehingga mungkin akan memengaruhi ukuran dan bentuknya.

Wanita seringkali khawatir bahwa menyusui dan menyapih akan membuat payudaranya kendur. Tapi Bunda perlu memahami bahwa ada beberapa faktor lain yang dapat mengubah tampilan payudara usai menyapih, yakni:

  • Indeks massa tubuh
  • Ukuran persentase lemak tubuh 
  • Jumlah kehamilan yang pernah dialami
  • Ukuran payudara sebelum hamil
  • Usia
  • Riwayat merokok

"Faktor lain juga berkontribusi pada payudara yang kendur. Termasuk proses penuaan dan merokok, yang sama-sama mengurangi elastisitas kulit. Kehilangan berat badan yang signifikan juga bisa memberi efek yang sama," ujar Sandhya Pruthi, MD, dikutip dari Mayo Clinic.

ilustrasi kanker payudaraBiar Enggak Kendur Bun, Ini 10 Cara Kencangkan Kembali Payudara Usai Menyapih / Foto: iStock

Cara mengencangkan payudara usai menyapih

Untuk membantu mengurangi risiko tampak kendur, ada beberapa cara ampuh mengencangkan payudara usai menyapih yang dapat Bunda terapkan. Berikut ulasannya:

1. Gunakan bra yang tepat

Pastikan payudara Bunda tetap tertopang dengan baik selama masa-masa penting, seperti kehamilan, menyusui dan usai menyapih.

Meski terkesan sepele, tapi mengenakan bra yang tidak pas dapat memicu rasa tak nyaman, serta memengaruhi bentuk dan tampilannya.

2. Berolahraga secara teratur

Jika Bunda rutin olahraga, otot-otot di bawah payudara dapat menjadi lebih kencang dan terlihat sedikit lebih terangkat. Beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan misalnya push-up, chest press dan angkat beban.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Saksikan juga video tentang tips menyapih anak dengan rasa cinta di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



JAGA POSTUR TUBUH HINGGA TURUNKAN BB PERLAHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!