sign up SIGN UP search


menyusui

Pentingnya Pemberian ASI Kolostrum pada Bayi Saat IMD, Bisa Cegah Kematian

Ratih Wulan Pinandu   |   Haibunda Rabu, 25 May 2022 07:10 WIB
Premature baby born at 25th week of pregnancy sleeping during the kangaroo care session in hospital. Genuine emotions, real scene. Natural light. caption
Jakarta -

Bunda, sudah tahu bahwa menyusui di satu jam pertama kehidupan bayi sangat penting dilakukan. Momen ini dikenal sebagai istilah Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang sangat dianjurkan sesaat setelah Bunda melahirkan Si Kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa inisiasi menyusui dini dan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan dapat menyelamatkan nyawa anak lho. Mengingat banyaknya manfaat IMD untuk kesehatan seumur hidup karena menerima kolostrum dari ibunda, WHO pun gencar mempromosikan kesadaran untuk IMD ini.

Ya, Bunda, kolostrum rasanya enggak berlebihan ya jika mendapat julukan sebagai makanan sempurna untuk setiap bari baru lahir. Sebuah studi di tahun 2006 silam yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa 41 persen bayi baru lahir yang meninggal pada bulan pertama kehidupan dapat diselematkan jika disusui pada jam pertama kehidupannya.


Apa sih kolostrum?

WHO juga mengatakan bahwa pemberian kolostrum pada jam pertama kehidupan seorang bayi, dapat meningkatkan kemungkinan bayi akan memenangkan 'perlombaan' dalam melawan kekurangan gizi.

Bunda sudah tahu apa itu kolostrum? Ini merupakan zat lengket berwarna kuning-putih yang dihasilkan oleh payudara Bunda sesegera mungkin setelah melahirkan.

Banner Benarkah Seks Menyakiti JaninBenarkah Seks Menyakiti Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Mengapa kolostrum penting?

Kolostrum sangat penting untuk kesehatan bayi karena kaya antibodi dan nutrisi penting. Sayangnya dalam berbagai negara dan budaya masih banyak yang mengabaikan manfaat ASI yang keluar pertama ini, sehingga memilih membuangnya.

"(Kolostrum) Awal yang baik dalam hidup," tulis tim WHO.

Pernyataan ini pun mengacu pada Standar Pertumbuhan anak WHO dan bagaimana bayi yang diberi kolostrum dalam satu jam pertama setelah lahir terukur dengan baik sesuai standar.

Tak hanya baik untuk bayi, menyusui satu jam pertama setelah melahirkan juga sangat bermanfaat untuk Bunda. Di antaranya menstimulus payudara agar ASI lancar dan juga mengurangi resiko perdarahan.

Bagaimana cara IMD yang tepat?

Melansir dari Mdical News Today, Presiden Asosiasi Konsultan Laktasi Internasional (ILCA), Rebecca Mannel mengatakan bahwa bayi yang baru lahir diprogram untuk menemukan payudara ibunya dan akan sering menemukannya sendiri ketika diletakkan di dada ibu yang dikenal sebagai skin to skin.

"Pada saat-saat awal setelah lahir, bayi dalam kondisi tenang, waspada, dan siap untuk belajar," ungkap Mannel.

Jadi, tak perlu khawatir ya ketika nantinya bayi terlihat mencari-cari payudara di dada Bunda. Saat mulut bayi tak kunjung menemukan puting, biarkan ia secara alami mencari payudara ibunya.

"Bayi menggunakan kelima indranya untuk menjelajahi dunia. Mereka menggunakan mata untuk mengingat wajah ibu mereka, telinga untuk mengasosiasikan suaranya dengan wajahnya, dan indra penciuman mereka untuk membimbing dalam menemukan payudara ibunya," imbuh Mannel.

Bayi baru lahir ternyata memiliki indra perasa yang lebih tinggi lho, Bunda. Tak hanya itu saja karena bayi baru lahir juga sensitif terhadap rasa ASI.

"Ketika Bunda menggendong bayi mereka langsung setelah lahir, bayi akan tetap hangat dan mengatur saturasi jantung, pernapasan, dan oksigen mereka, dan mereka tidak akan merasakan sakit yang akut," jelas Mannel selanjutnya.

Simak manfaat IMD yang jarang diketahui di halaman selanjutnya!

Yuk Bunda, download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Bunda, simak juga manfaat skin to skin berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT IMD SESAAT USAI KELAHIRAN SELAMTKAN BAYI DARI KEMATIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!