sign up SIGN UP search


menyusui

Coba 3 Cara Ini Bun untuk Atasi Bayi yang Suka Ngempeng di Payudara

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 29 May 2022 07:10 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption

Jakarta - Saking nyamannya, bayi suka ngempeng di payudara saat menyusui. Hmm, bingung juga sebenarnya mengatasinya ya, Bunda. Yuk, cari tahu tips mengatasi bayi suka ngempeng di payudara, Bunda.

Menyusui memang tidak saja membuat bayi mendapatkan nutrisi dan merasa kenyang. Di luar itu, menyusui juga membuat bayi nyaman lho, Bunda. Tak jarang, mereka pun kerap ngempeng saat menyusu dan sulit dilepaskan.

Menurut Fleur Bickford, seorang konsultan laktasi dari Ottawa, bayi terus menyusu karena berbagai alasan. Di antaranya mereka lapar atau haus, lelah, takut atau terluka, ataupun merasa kewalahan. 


"Semua alasan tersebut sama sahnya bagi bayi untuk menyusu," kata Bickford seperti dikutip dari laman Today.

Dan, salah satu alasan yang membuat para Bunda khawatir mengenai bayi saat menyusu yakni saat bayi ngempeng terlalu lama di payudara karena terlalu nyaman. Hal ini dirasakan khawatir karena dapat memanjakan bayi dan membuatnya semakin menuntut saat mereka tumbuh dewasa.

Banner 5 Buah yang Baik untuk Pertumbuhan Janin5 Buah yang Baik untuk Pertumbuhan Janin/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Bickford mengatakan saat bayi sering menyusu dan merasa nyaman itu merupakan kondisi yang sehat dan normal. Tetapi, jika bayi menghabiskan banyak waktu di payudara, dan jarang tampak puas atau puas setelah menyusui, serta berat badannya tidak bertambah dengan semestinya, ini merupakan sinyal bahwa ada yang tidak beres.

Karenanya, Bunda perlu lebih sensitif melihat kondisi bayi saat menyusu. Jika bayi memang ngempeng di payudara karena sudah kenyang dan hanya ingin mendapatkan kenyamanan sebenarnya tidaklah masalah ya, Bunda.

Sebaliknya, saat bayi ngempeng di payudara dan hanya untuk mendapatkan kenyamanan tanpa ingin meminum ASI serta membuat berat badannya terganggu tentu ini yang perlu dihentikan.

Klik di halaman selanjutnya ya untuk tahu cara mengatasi bayi yang suka ngempeng.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga yuk video tentang dot atau empeng yang bisa merusak gigi bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGATASI BAYI SUKA NGEMPENG DI PAYUDARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!