sign up SIGN UP search


menyusui

Coba 3 Cara Ini Bun untuk Atasi Bayi yang Suka Ngempeng di Payudara

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 29 May 2022 07:10 WIB
TIPS MENGATASI BAYI SUKA NGEMPENG DI PAYUDARA
Precious moment. Caring loving woman being involved in an important process of breastfeeding a baby caption

1. Lepaskan mulut dari puting secara perlahan

Melansir Violetsleepbaby, salah satu tips mengatasi bayi suka ngempeng di payudara yakni dengan melepaskan mulutnya dari puting tanpa menunggu mereka tertidur.

Sering kali bayi benar-benar pulas tidur saat berada di payudara. Nah, sebelum ini terjadi karena keasyikan ngempeng, Bunda dapat menggeser jari ke dalam mulut bayi guna melepaskan mulutnya dari puting. Kemudian, tutup mulutnya dengan lembut. Hal ini akan membuat bayi tidak ingin mengisap.

Jika mereka bangun, Bunda dapat mengulangi prosesnya, menyusui kembali, dan melepaskannya, kemudian menutup mulutnya  sampai mereka terbiasa. 


2. Berikan waktu khusus

Oh ya, Bunda juga dapat memberikan kenyamanan dengan waktu khusus bagi mereka saat memang bayi ingin merasa tenang di payudara. Misalnya saja, putuskan waktu untuk menyusu dimana bayi dapat merasa tenang hingga tertidur di payudara apakah di waktu malam hari atau selama menyusui di siang hari. 

3. Biasakan rutinitas tidur

Kemudian, Bunda dapat memperkenalkan rutinitas tidur pada bayi sejak awal menyusui. Sehingga, mereka terbiasa untuk tidak perlu ngempeng di payudara saat ingin tertidur. Dengan begitu, bayi akan belajar menenangkan diri tanpa perlu disusui ataupun ngempeng di payudara guna mendapatkan kenyamanan.

Memang, di awal-awal akan sulit untuk melepaskan kebiasaan tersebut ya, Bunda. Apalagi, tidak semua busui memiliki pengalaman yang sama yang dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan kebutuhan Si Kecil. Sehingga, apa yang berhasil untuk satu busui belum tentu bekerja efektif untuk busui lainnya.

Karenanya, teruslah berlatih mengatasinya dan memegang prinsip tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan tanpa perlu membuat bayi merasa tak nyaman.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!