sign up SIGN UP search


menyusui

Biar Enggak Canggung Bun, yuk Pelajari Teknik Menyusui Bayi Baru Lahir

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 05 Jun 2022 07:10 WIB
Newborn, Baby, Labor - Childbirth, Hospital, Childbirth caption

Jakarta - Menyusui bayi baru lahir mungkin membuat ibu baru terasa sulit. Apalagi, pelekatan yang tepat belum didapatkan. Yuk, cari tahu teknik menyusui bayi baru lahir agar menyusui buah hati lebih lancar, Bunda.

Meskipun menyusui bisa jadi pengalaman yang indah bagi banyak orang, prosesnya tidaklah selalu mudah dilalui. Saat Bunda menggendong bayi pertama kalinya setelah mengalami proses persalinan, menyusui bisa jadi menantang di tengah membangun suplai ASI terutama bagi ibu baru yang pertama kali melahirkan.

"Bayi paling waspada selama beberapa jam pertama kehidupannya dan secara naluriah akan mulai mencoba menyusu," ujar Nancy Forsyth, R.N, N.N.P, praktisi perawat di Beebe Healthcare di Delaware, seperti dikutip dari laman Nytimes.


Saat Bunda melakukan skin to skin dengan bayi, pastikan mendorong bayi untuk mencari dan menempel pada puting. Jika bayi kesulitan meraih payudara, bantulah dia agar lebih nyaman.

Kayu Putih Sebagai SkincareKayu Putih Sebagai Skincare/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Sambil menggendongnya, Bunda juga dapat memposisikan mulut bayi ke arah bawah areola sambil menyentuh bibir atasnya dengan puting. Saat dia membuka mulutnya, arahkan puting ke langit-langit mulutnya saat dia menempel. Sebagian besar areola Bunda harus terlihat saat bibir bawah, dagu, dan pipi bayi menyentuh payudara. Hidungnya juga harus terangkat dan bersih untuk bernapas dengan bibir terbuka.

Para ahli merekomendasikan menyusui bayi setidaknya selama 10 hingga 15 menit per payudara setiap dua hingga tiga jam. Sehingga menyusui setiap harinya bisa delapan hingga 12 kali per harinya.

Close up shot of Asian mother kiss her newborn baby in front of white curtain in bedroom.Biar Enggak Canggung Bun, yuk Pelajari Teknik Menyusui Bayi Baru Lahir./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Narongrit Sritana


Melansir Medical News Today, posisi menyusui terbaik memungkinkan bayi menempel pada payudara dengan baik dan nyaman, tidak membuat otot tegang, dan mengurangi risiko cedera serta nyeri pada puting. 

Posisi menyusui terbaik juga bisa berubah seiring pertumbuhan bayi dan kepercayaan busui bertambah. Tidak ada satu posisi yang cocok untuk semua orang ya, Bunda. Sebaliknya, cobalah berbagai posisi untuk menemukan posisi yang bekerja dengan baik dalam situasi yang berbeda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang 5 kondisi busui yang membutuhkan konselor ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



TEKNIK MENYUSUI BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!