sign up SIGN UP search


menyusui

7 Trik Menyusui bila Si Kecil Sering Terbangun Tengah Malam seperti Bayi Rosiana Dewi

Anggi Astuti   |   Haibunda Selasa, 07 Jun 2022 12:28 WIB
Rosiana Dewi caption

Jakarta - Aktris Rosiana Dewi kini menjadi ibu dari seorang bayi perempuan yang baru dilahirkannya pada Jum'at (6/5/202) lalu. Kini, memasuki babak baru sebagai ibu menyusui, Rosiana Dewi menyebutkan putri kecilnya lebih sering terbangun di malam hari daripada siang hari.

Vanilla, anak Rosiana Dewi memang belum genap berusia satu bulan, Bunda. Dan memang wajar bila bayi yang baru lahir terbangun beberapa kali dalam semalam untuk menyusui.

Hal ini karena bayi baru lahir memiliki perut kecil yang belum bisa menampung lebih banyak ASI. Sehingga perut kosong lebih cepat, Si Kecil akan lapar kembali dalam hitungan 2-3 jam termasuk di malam hari.


Si Kecil yang baru lahir juga belum bisa membedakan antara waktu siang dan malam. Apakah Si Kecil Bunda mengalami hal serupa dengan Baby Vanilla yang sering terbangun tengah malam? Simak trik menyusui bayi yang sering terbangun tengah malam sebagai berikut yuk Bunda.

Banner Cara Percepat Pembukaan Saat Persalinan=

Jadwal tidur dan pemberian ASI bayi baru lahir

Jadwal tidur dan pemberian ASI pada bayi baru lahir ini perlu untuk Bunda ketahui. Pahami berapa banyak suplai ASI yang dibutuhkan Si Kecil dan seberapa sering ia harus menyusu berdasarkan usianya apalagi pada satu bulan pertama.

Dengan begitu, ini dapat membantu Bunda untuk memperkirakan kapan Si Kecil akan terbangun dan menyusui. Dilansir Motherly, American Academy of Pediatrics dan La Leche League memberikan rekomendasi jadwal dan jumlah makan bayi baru lahir berusia satu minggu hingga satu bulan.

American Academy of Pediatrics (AAP) dan La Leche League merekomendasikan jadwal dan jumlah makan untuk bayi baru lahir berusia satu sampai empat minggu pertama.

Bayi membutuhkan 1-2 ons ASI setiap 2 hingga 3 jam saat memasuki satu minggu pertama dari kelahirannya. Kemudian, bayi usia dua sampai empat minggu membutuhkan suplai ASI yang meningkat, 2-3 ons ASI setiap 2 hingga 3 jam.

Namun, pemberian makan pada bayi baiknya mengikuti metode pemberian makan responsif. Saat bayi memperlihatkan isyarat lapar, saat itu juga Bunda perlu menyusui Si Kecil.

Di samping itu, perhatikan juga jam tidur bayi yang baru lahir. Menurut National Sleep Foundation, bayi baru lahir butuh tidur selama 14-17 jam per 24 jam. Pembagian waktu tidur siang dan malam setiap bayi akan berbeda.

Idealnya bayi baru lahir tidur selama 4,5-6,5 jam di siang hari dan 10-12 jam di malam hari. Tetapi bayi masih sulit membedakan antara siang dan malam. Sehingga sebagian bayi baru lahir memiliki jam tidur yang lebih banyak pada siang hari seperti Baby Vanilla.

Untuk mengatasi hal ini, Bunda bisa membangunkan Si Kecil pada tiga jam untuk tidur siang dan memaparkannya ke cahaya selama ia terjaga. Begitu pun sebaliknya, menjaga ruangan tetap gelap saat Si Kecil tidur siang atau tidur malam.

 Simak tips menyusui di malam hari pada halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang 7 tantangan yang sering dialami busui:

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

 

 

 

 

TIPS MENYUSUI DI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!