sign up SIGN UP search


menyusui

Serba-serbi Warna ASI, Mana yang Dianggap Paling Bagus untuk Bayi?

Kinan   |   Haibunda Jumat, 27 May 2022 07:19 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption

Jakarta - Susu identik dengan warna putih, tapi ada kalanya warna ASI justru berubah dan tak selalu putih. Jika demikian, Bunda pun mungkin akan bingung sebenarnya ASI yang bagus warna apa, ya?

Dilansir Very Well Family, warna ASI ada bermacam-macam. Biasanya seperti kekuningan, putih, agak bening, kemerahan atau kecokelatan, serat putih dengan semburat biru. 

Sering kali perubahan warna ASI bergantung pada apa yang Bunda konsumsi. Warna ASI bisa berubah selama sehari atau bahkan dalam waktu yang lebih lama. 


ASI pada umumnya berwarna putih kekuningan atau kebiruan, tergantung berapa lama Bunda menyusui. 

Perubahan warna ASI sesuai tahap produksi

Dikutip dari What to Expect, ada banyak variasi 'normal' dari warna ASI. Bahkan faktanya, warna ASI mungkin akan sedikit berubah pada hari-hari atau minggu-minggu awal setelah persalinan. Berikut tahapannya:

1. Kolostrum

Kolostrum adalah ASI pertama yang dibuat oleh tubuh. Biasanya tubuh Bunda hanya membuat kolostrum dalam jumlah kecil, tetapi kental dan bergizi tinggi. 

Meskipun terkadang jernih, kolostrum lebih sering berwarna kekuningan. Tingginya kadar betakaroten dalam kolostrum menjadi salah satu faktor yang memengaruhi warna kekuningan yang dimilikinya. 

2. ASI transisi

Setelah beberapa hari pertama muncul kolostrum, produksi ASI meningkat dan tubuh Bunda akan mulai membuat ASI transisi. Selama masa transisi dua pekan ini, warna ASI biasanya berubah dari kekuningan menjadi putih.

3. ASI matur

Sekitar dua pekan kemudian, tubuh Bunda mulai memproduksi ASI matur atau 'matang'. Warna ASI tahap ini ditentukan berdasarkan berapa banyak lemak yang dikandungnya.

Banner Benarkah Seks Menyakiti JaninBenarkah Seks Menyakiti Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Foremilk

Secara umum, ketika ASI matang mulai mengalir keluar dari payudara pada awal sesi menyusui atau memompa, ASI bertekstur encer dan lebih rendah lemak. Susu ini disebut foremilk. 

Karena memiliki tekstur encer, foremilk cenderung terlihat jernih atau putih kebiruan.

Hindmilk

Saat Bunda terus memompa atau menyusui, kandungan lemak dalam ASI akan naik. Nah, saat lemak meningkat maka tekstur ASI berubah menjadi lebih kental yang disebut hindmilk. 

Hindmilk memiliki warna putih kekuningan yang lebih pekat dibandingkan foremilk. 


Selain perbedaan warna ASI foremilk dan hindmilk ini, simak juga perbedaan warna-warna ASI lain di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Bunda, simak juga penyebab bibir bayi menghitam usai minum ASI dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



WARNA ASI YANG DIANGGAP PALING BAGUS DAN NUTRISI UNTUK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!