sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Bayi ASI di Atas 1 Tahun Diberi Susu Formula?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 07:10 WIB
Mother feeding newborn baby from the bottle caption

Jakarta - Saat bayi semakin beranjak besar, tak sedikit Bunda yang mengombinasikan asupannya dengan susu formula. Lantas, bolehkah bayi ASI di atas 1 tahun diberi sufor ya, Bunda?

Memberikan bayi susu formula selain menyusui disebut sebagai suplemen dan ini benar-benar baik serta sangat aman untuk dilakukan. Secara umum, banyak keluarga memilih jenis metode pemberian makan kombinasi ini baik karena kebutuhan (misalnya suplai ASI rendah), kenyamanan, atau hanya pilihan pribadi.

Dalam beberapa kasus, menyusui dan memberikan susu formula dapat direkomendasikan oleh dokter karena alasan medis ya, Bunda.


The American Academy of Pediatrics merekomendasikan menyusui secara eksklusif selama empat hingga enam bulan pertama dan kemudian melanjutkan menyusui hingga satu tahun atau lebih bersamaan dengan pengenalan makanan padat.

Untuk alasan ini dan alasan lainnya, memang membuat keputusan untuk menambahkan susu formula selain menyusui mungkin tidak mudah untuk semua orang tua.

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Sementara itu, banyak ibu menyusui bayi mereka dan memberikan juga anaknya susu formula karena mereka mau dan ada juga yang melakukannya karena terpaksa. Terlepas dari apakah semua atau tidak satu pun dari alasan suplemen ini berlaku untuk Bunda, keputusan sepenuhnya ada di tangan Bunda.

"Jika bayi lahir prematur atau dengan kondisi medis tertentu, mereka mungkin membutuhkan lebih dari sekadar ASI. Suplementasi sering dilakukan dengan tujuan membantu bayi menambah berat badan," ujar Donna Murray, RN, BSN, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Kemudian, alasan kembali bekerja juga mungkin menyulitkan busui memompa di tempat kerja. Belum lagi stres kerja membuat busui banyak mengalami penurunan suplai ASI setelah kembali bekerja. Alhasil, pemberian susu formula menjadi solusi tengah yang banyak dipilih busui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tanda Si Kecil tak cocok susu formula:

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH ANAK ASI DI ATAS 1 TAHUN DIBERI SUFOR?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!