sign up SIGN UP search


parenting

Susu Formula Bayi Langka di Amerika Serikat, Orang Tua Panik

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 20:41 WIB
Ilustrasi Susu Formula Ilustrasi Susu Formula/Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Para Bunda dan Ayah di Amerika Serikat tengah panik. Di sana, susu formula bayi tengah mengalami kelangkaan dalam beberapa bulan terakhir di berbagai wilayah.

Banyak produsen yang terus mendorong produksi susu formula bayi, namun ternyata jumlah pasokan susu formula bayi tak bisa memenuhi kebutuhan konsumen di negeri Paman Sam.

Menurut laporan Datasembly, pangsa susu formula bayi yang kehabisan stok di seluruh Amerika Serikat mencapai 40 persen pada 24 April. Angka tersebut naik dari 29 persen di bulan Maret.


"Sayangnya, kami tidak melihat ini melambat dalam waktu dekat. Inflasi, kelangkaan rantai pasokan, dan penarikan produk terus membawa volatilitas ke dalam kategori, dan terus menjadi salah satu produk yang paling terpengaruh di pasar," tutur CEO Datasembly Ben Reich dalam keterangan remsinya, dilansir CNBC.

Banner 5 Tanda Janin MeninggalFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Beberapa negara bagian Amerika Serikat yang mengalami kasus kelangkaan terburuk yaitu Texas, Tennessee, Missouri, Iowa, Dakota Utara, dan Dakota Selatan. Seluruh negara tersebut memiliki tingkat kehabisan stok sekitar 50 persen. Sementara, 26 negara bagian lainnya memiliki tingkat stok 40-50 persen.

Penyebab utama kelangkaan susu formula bayi di Amerika Serikat disebabkan oleh penutupan fasilitas produksi utama yang berlokasi di Michigan pada Februari lalu.

Pabrik yang dimiliki oleh Abbott Nutrition itu telah menjadi subyek penyelidikan FDA dan CDC terkait adanya laporan susu formula terkontaminasi yang dikaitkan dengan kematian dua bayi, sedangkan dua lainnya sakit.

Akibatnya, Abbott harus melakukan penarikan sejumlah produk susu formula bubuk. Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit mengatakan mereka sedang menyelidiki kemungkinan hubungan produk mereka.

Akan tetapi, pengujian sejauh ini telah menemukan jenis bakteri yang terdeteksi di pabrik Abbott tidak sama dengan yang ditemukan pada bayi yang sakit.

Tak beroperasinya pabrik Abbott membuat perusahaan lain yang memproduksi susu formula biasanya mengalami permintaan stabil, kini kesulitan mengejar permintaan yang tinggi.

"Cerita dan kabar tentang rak susu formula yang kosong mulai menyebar, orang tua mulai panik dan terburu-buru untuk membeli, dan itu semakin memperburuk masalah," tutur Rudi Leuschner, direktur program master dalam manajemen rantai pasokan di Rutgers Business School.

Lantas, apa yang akan dilakukan oleh pemerintah untuk memenuhi pasokan susu formula bayi? Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang penjelasan dokter mengenai susu formula yang bisa merusak gigi anak:

[Gambas:Video Haibunda]



MENCOBA UNTUK KEMBALI MEMBUKA PABRIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!