sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Perah Berubah Warna Jadi Kuning, Amankah Diberikan kepada Si Kecil?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 11:30 WIB
Breast milk pump and baby lying on the white bed caption

Sebagai ibu menyusui, Bunda mungkin akan menyadari warna ASI memang bisa berubah-ubah ya. Bahkan jika Bunda membekukan ASI, akan menyadari bahwa ASI perah yang warnanya berubah menjadi lebih kuning. Apakah itu aman untuk dihangatkan dan diberikan kepada bayi?

Ya, jika Bunda memompa atau membekukan ASI, Bunda mungkin akan memperhatikan bahwa terkadang warna ASIP berbeda. Karena sedianya, ASI dapat memiliki berbagai warna ya, Bunda, dari putih dan kuning hingga biru, hijau, serta cokelat.

Warna ASI pada dasarnya memang bisa sangat bervariasi ya, Bunda. Dan, memproduksi warna ASI yang berbeda biasanya tidaklah perlu dikhawatirkan berlebihan.


Secara umum kebanyakan Bunda menyusui memiliki ASI berwarna putih. Tetapi, ada kalanya memang ASI yang Bunda pompa memiliki warna yang berbeda ya, Bunda. Intinya, jika ASI Bunda tidak berwarna putih, jangan khawatir ya, Bunda.

"Ada kisaran normal dalam hal warna untuk ASI. Kebiruan, kuning, krem, oranye, semuanya normal dan aman untuk bayi," ujar Hali Shields, seorang doula dan konselor laktasi, seperti dikutip dari laman Parents.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunRisiko Hamil di Usia 35 Tahun/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Sangatlah normal bagi semua busui mengalami hal tersebut. Jadi, tak perlu lagi membandingkan warna ASI perah dengan sesama ibu menyusui ya, Bunda. Dalam kebanyakan kasus, ASI memang terlihat lebih ringan dengan biasanya berwarna putih meskipun bisa juga memiliki rona agak kekuningan atau kebiruan.

Jika bunda baru saja melahirkan, Bunda mungkin terkejut melihat ASI kuning kental daripada ASI putih. Ini benar-benar normal ya, Bunda. Dan, banyak ibu menghasilkan susu kuning selama beberapa hari pertama setelah melahirkan.

ASI berwarna kuning tersebut disebut kolostrum atau ASI pertama yang merupakan ASI pertama yang dihasilkan payudara setelah melahirkan. Kolostrum sendiri kaya akan antibodi dan lebih kental. Dan, Bunda akan memproduksi susu ini hingga 5 hari setelah melahirkan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara menyimpan ASIP yang benar.

[Gambas:Video Haibunda]



AMANKAH WARNA ASI PERAH KUNING, BUNDA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!