sign up SIGN UP search


menyusui

Warna ASI kok Berubah Jadi Kuning? Tak Perlu Khawatir Bunda, Ini Penjelasannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 29 May 2022 11:20 WIB
frozen breast milk storage bags for new baby on wooden table caption

Jakarta - Warna ASI sedianya memang kerap berganti-ganti ya, Bunda. Ada kalanya warna ASI kuning, kemudian merah, hijau, dan pink. Cari tahu lebih lanjut yuk, Bunda.

Jika Bunda memompa ASI, Bunda mungkin memperhatikan terkadang warna ASI yang Bunda pompa berbeda. Ya, ASI memang dapat memiliki berbagai warna, Bunda. Dari putih dan kuning hingga biru, hijau, dan cokelat. Terkadang, ASI juga berwarna merah muda, Bunda.

Perihal perubahan warna tersebut, tidak ada yang perlu dikhawatirkan ya, Bunda. Karena, semua perubahan tersebut merupakan kondisi yang normal dan dialami banyak busui dalam ASI mereka.


Kolostrum misalnya atau ASI yang pertama kali keluar biasanya kental dan berwarna kuning, meskipun bentuknya bisa cair dan bening. Intinya, jika ASI Bunda tidak putih, jangan khawatir ya, Bunda.

Banner Tips Anak Cerdas Seperti Maudy AyundaTips Anak Cerdas Seperti Maudy Ayunda/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

"Ada kisaran normal dalam hal warna untuk ASI. Baik itu kebiruan, kuning, krem, oranye, semuanya normal dan aman untuk bayi," kata Hali Shields, doula kelahiran dan konselor laktasi, seperti dikutip dari laman Parents.

Perlu Bunda tahu, ada beberapa alasan mengapa ASI  berwarna kuning. Jika Bunda baru mulai menyusui, kemungkinan besar Bunda akan mengeluarkan cairan yang kental dan berwarna kuning (disebut kolostrum). 

Kemudian, makan makanan tinggi beta-karoten seperti wortel, labu, dan ubi jalar juga dapat mengubah warna susu Bunda. ASI juga dapat berubah warna saat dibekukan ya, Bunda. Terkadang, ASI yang dibekukan bisa membuatnya sedikit kuning.

Ketika ASI telah bertransisi dari kolostrum dan menjadi matang, atau mencapai tahap akhir produksi susu, dalam banyak kasus berwarna keputihan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga yuk video tentang kapan sebenarnya ASI sudah bisa keluar.

[Gambas:Video Haibunda]



WARNA ASI KUNING, NORMALKAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!