sign up SIGN UP search


menyusui

Mengenal Ciri-ciri Kolostrum, ASI Perdana yang Kaya Nutrisi untuk Bayi Newborn

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 03 Jun 2022 07:10 WIB
Mother breastfeeding newborn baby in hospital ward, first breastfeeding caption

Jakarta - Usai bayi dilahirkan atau bahkan menjelang kelahiran ya, ASI biasanya langsung keluar dari payudara ibu. Aliran emas yang pertama kali keluar tersebut dinamakan kolostrum. Yuk, kenali ciri-ciri kolostrum yang membedakannya dari ASI biasa, Bunda.

Pertama kali keluar, ASI yang diproduksi busui memang biasanya kaya nutrisi dan antibodi yang dapat melindungi Si Kecil dari infeksi serta menjadikannya bagian penting dari pertumbuhan mereka di masa-masa awal.

Kolostrum merupakan susu pertama yang diproduksi tubuh selama kehamilan. Kolostrum sendiri terbentuk di kelenjar susu (payudara) dan memainkan peran penting dalam membangun sistem kekebalan bayi. 


Jika bunda berencana untuk menyusui, kolostrum bisa didapatkan bayi langsung dari payudara. Kolostrum tinggi protein, vitamin, mineral, dan imunoglobulin (antibodi) yang membantu membangun sistem kekebalan bayi. Kolostrum kerap disebut cairan emas karena kaya nutrisi dan sangat bermanfaat.

Seperti diketahui, kolostrum tinggi protein dan rendah lemak serta gula. Di dalamnya, kolostrum berisi sel darah putih yang menghasilkan antibodi. Antibodi inilah yang memperkuat sistem kekebalan bayi dan melindunginya dari infeksi. Kolostrum sangat terkonsentrasi pada nutrisi bahkan dalam dosis kecil sehingga perut bayi tidak perlu banyak untuk menuai manfaatnya, seperti dikutip dari laman Cleveandclinic.

Kayu Putih Sebagai SkincareKayu Putih Sebagai Skincare/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Perbedaan kolostrum dan ASI sendiri yakni dimana kolostrum merupakan susu pertama yang kaya nutrisi yang diproduksi payudara selama kehamilan. Kemudian, ini berubah menjadi ASI dalam beberapa hari setelah bayi lahir. Namun, sejumlah kecil kolostrum tetap berada dalam ASI selama beberapa minggu.

Yang mencolok, perbedaan dari kolostrum dan ASI yakni kolostrum diisi dengan imunoglobin untuk meningkatkan sistem kekebalan bayi dan melindunginya dari penyakit. Kemudian, kolostrum memiliki protein dua kali lebih banyak, dan kolostrum mengandung zinc empat kali lebih banyak. Selain itu, kolostrum juga lebih rendah lemak dan gula sehingga lebih mudah dicerna serta kolostrum lebih kental dan lebih kuning.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga yuk video tentang kapan ASI mulai keluar setelah melahirkan?

[Gambas:Video Haibunda]



MENGENAL CIRI-CIRI KOLOSTRUM, ASI PERDANA YANG KAYA NUTRISI UNTUK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!