sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Ditemukan Darah dalam ASI Perah, Berbahayakah untuk Bayi?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 29 Jun 2022 11:50 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Keberhasilan menyusui dapat ditentukan dari teknik memerah ASI yang benar, Bunda. Hasil ASI perah, dapat digunakan sebagai stok untuk diberikan pada Si Kecil.

Nah, sebelum memberikan Si Kecil ASI perah, Bunda perlu pahami dulu nih manajemennya. Salah satunya tentang warna ASI perah yang bisa berubah dan bercampur darah.

Perlu Bunda tahu, warna ASI dapat berubah seiring waktu. Namun, ada pula warna ASI yang berubah karena tercampur darah yang keluar dari payudara Bunda nih.


Menurut perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, perubahan warna ASI bisa dikaitkan dengan beberapa penyebab. Namun, kebanyakan masih dianggap normal dan tidak berbahaya untuk diberikan ke anak.

Banner Eklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFIEklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFI/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Apakah warna ASI bisa berubah?

"Meski mungkin ini mengejutkan dan menakutkan untuk dilihat, itu semua masih dianggap normal. Perubahan warna ASI bisa berkaitan dengan pola makan dan tidak berbahaya," kata Murray, dikutip dari Very Well Family.

Hal yang sama juga dijelaskan konselor laktasi, F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui. Menurutnya, ditemukan sedikit darah dalam ASI sebenarnya tidak membahayakan. Tapi, jika sampai sakit, Bunda perlu waspada nih.

"Bila bayi mengidap diare dengan darah dalam feses, segera periksakan ke dokter," ujar Monika.

Kondisi anak yang tak boleh diberikan ASI Perah yang tercampur darah

Selain itu, bila bayi mengalami penyakit kuning atau jaundice dan kondisinya makin berat, Bunda sebaiknya tidak memberikan ASI perah yang bercampur darah. Namun, Bunda tetap harus memerah untuk menjaga produksi ASI.

"Bila terdapat penyakit lain pada payudara yang menyebabkan munculnya darah dalam ASI, segera konsultasikan ke dokter, apakah tetap aman untuk menyusui atau memberikan ASI perah selama masa pengobatan," ungkap Monika.

Munculnya darah dalam ASI perah dapat disebabkan beberapa faktor nih, Bunda. Apa saja?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 cara menghangatkan ASI perah tanpa ribet, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



FAKTOR PENYEBAB ADA DARAH DALAM ASIP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!