sign up SIGN UP search


menyusui

Ingin Hasilkan ASI yang Lebih Kental? Yuk Coba 5 Trik Ini Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 07:10 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption

ASI kental banyak diidamkan busui karena dianggap lebih bernutrisi. Nah, sebenarnya bagaimana cara bikin ASI kental ya, Bunda?

Sedianya, ASI terdiri dari ragam nutrisi yang penting untuk perkembangan bayi khususnya dalam beberapa bulan pertama dan tahapan kehidupannya. Karenanya, jadwal makan yang teratur merupakan sebuah keharusan. Serta, menjaga nutrisi dalam ASI tetap terpenuhi juga menjadi hal yang perlu dipenuhi ya, Bunda.

ASI merupakan sumber nutrisi yang kaya lemak sehat, karbohidrat kompleks, protein, oligosakarida, vitamin, dan mineral yang mutlak penting untuk pertumbuhan bayi, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.


Biasanya, ASI memang tampak lebih kental saat kandungan lemaknya lebih tinggi. Tetapi, kandungan lemak dalam ASI memang bervariasi sepanjang hari karena tergantung pada kekosongan payudara, payudara penuh, dan rendah lemak. 

Selain itu, menurut para ahli, ASI berubah sepanjang siang dan malam. Banyak ibu menyusui memperhatikan volume yang lebih besar dan aliran yang lebih cepat dalam ASI pada dini hari. Ini karena tingkat prolaktin yang lebih tinggi, hormon yang membantu produksi ASI pada waktu itu. 

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaMesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta/ Foto: Annisa Shofia

"ASI yang diproduksi di dini hari juga dirancang untuk membantu Si Kecil beristirahat. ASI tersebut biasanya mengandung lebih banyak serotonin dan elemen lain untuk membantu bayi tidur," ujar Attie Sandink, konsultan laktasi, seperti  dikutip dari laman Todaysparent.

Bunda menyusui pun dapat menyesuaikan waktu tersebut guna memberikan nutrisi terbaik pada buah hati ya, Bunda. Nah, selain dengan ASI yang memang lebih banyak pada dini hari guna menunjang tumbuh kembang buah hati, busui juga banyak mengejar bagaimana ASI mereka kental dimana diketahui banyak mengandung lemak.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab ASI Bunda kental seperti puding.

[Gambas:Video Haibunda]



BAGAIMANA CARA BIKIN ASI KENTAL? SIMAK TIPSNYA BERIKUT, BUNDA!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!