sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Mencegah & Mengatasi Bayi Sering Kentut Akibat Gas Numpuk di Perut

Meita Fajriana Minggu, 30 May 2021 10:38 WIB
Touch the baby with a gentle feeling. caption

Jakarta - Kentut merupakan hal yang wajar baik itu untuk orang dewasa, anak-anak, hingga bayi sekalipun. Kentut bahkan baik untuk kesehatan tubuh kita loh Bunda. Namun, ketika bayi kentut lebih sering dari orang dewasa, ada beberapa alasannya Bunda.

Melansir dari laman Healthline, jika bayi kentut lebih sering artinya ada banyak gas di dalam perutnya melebihi yang seharusnya. Hal ini dapat membuat tidak nyaman sehingga Si Kecil rewel, gelisah, bahkan menangis. 

Nah, kentut adalah salah satu cara gas di dalam perut keluar sehingga bayi lebih tenang. Jadi jangan khawatir bayi Bunda sering kentut ya. Bayi yang sudah makan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI), biasanya kentutnya lebih berbau dibandingkan bayi yang hanya minum ASI atau susu formula. 


"Gas adalah bagian normal dari proses pencernaan, tetapi juga terlibat dalam sebagian besar keluhan usus. Terlalu banyak gas biasanya merupakan gejala bahwa sesuatu sedang terjadi,” kata Jeremiah Levine, M.D., direktur gastroenterologi anak di NYU Langone Health dikutip dari laman Parents. 

Berikut cara mengenali tanda-tanda bayi kembung karena sering kentut. Bunda bisa membantunya untuk mengatasi hal tersebut. Jika bayi Bunda kembung, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Simak ulasannya di bawah ini:

1.  Mulailah dengan menempatkan bayi pada permukaan yang rata posisi tertelungkup. Angkat sedikit perutnya ke atas dan pijat perutnya dengan lembut.

2. Bunda juga bisa meletakkan bayi terlentang kemudian coba gerakkan kaki dan pinggulnya seolah-olah mereka sedang mengayuh sepeda. Seringkali gerakan semacam ini memecah gelembung dan memberi gas dorongan ekstra untuk keluar.

3. Bunda juga dapat mencoba memandikannya dengan air hangat yang nyaman untuk menghilangkan ketidaknyamanan. 

Kalau tiga cara ini masih belum bisa mengatasi bayi kembung, coba cara berikut ya Bunda. Klik dulu halaman selanjutnya!

Simak nih, Bunda, pijat bayi agar lancar BAB. Klik video di bawah ya:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGHINDARI BAYI AGAR TIDAK SERING KENTUT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi