sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Menyapih Tanpa Drama di Malam Hari, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 14:00 WIB
Ibu dan Bayi 5 Cara Menyapih Tanpa Drama di Malam Hari, Bunda Perlu Tahu/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Menyapih tanpa drama terkadang masih sulit dilakukan. Apalagi bila anak terbangun dan mulai rewel di malam hari, Bunda.

Umumnya, bayi mulai bisa tidur nyenyak di malam hari tanpa menyusui saat berusia 6 bulan. Di waktu ini, Bunda bisa mulai belajar menyapihnya.

"Banyak ahli merekomendasikan untuk menyapih di malam hari saat usia bayi sekitar 6 bulan. Kebanyakan bayi di usia ini sudah siap secara fisik untuk tidak menyusu di malam hari," kata dokter anak Shawnte James, M.D, dilansir Baby Center.


Sebelum mulai menyapih, Bunda sebaiknya memahami dulu waktu tidur Si Kecil dan penyebab dia suka terbangun di malam hari. Bayi biasanya terbangun di malam hari karena berbagai alasan, salah satunya karena lapar.

Banner Cara Membuat Infused WaterCara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

Menyapih di malam hari dapat dikaitkan dengan kecukupan anak menyusu di siang hari, sehingga mereka tidak perlu bangun di malam hari untuk makan. Tapi, keputusan untuk berhenti menyusu dan mulai menyapih di malam hari tergantung pada kesiapan Bunda dan Si Kecil.

Mengutip What to Expect, menyapih di malam hari adalah transisi bayi dari bangun untuk makan di tengah malam. Si Kecil akan mendapatkan sesi menyusui pertama atau dari botol di pagi hari setelah bangun, lalu menyusui beberapa kali atau minum dari botol di siang hari, dan diakhiri sesi menyusui terakhir sesaat sebelum tidur.

Perlu diingat, kebutuhan tidur bayi dan nutrisinya mungkin akan berbeda bila berat badannya tidak sesuai usianya. Bila Bunda ragu untuk mulai menyapih anak di malam hari, sebaiknya konsultasikan dulu ke konselor laktasi ya.

Nah, bagi Bunda yang sudah siap menyapih di malam hari, coba perhatikan tanda anak siap disapih. Beberapa tandanya adalah Si Kecil mulai menunjukkan ketertarikan dengan makanan padat dan sudah bisa duduk tegak tanpa penyangga.

Lalu bagaimana cara menyapih di malam hari agar lancar? Baca halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENYAPIH ANAK DI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!