sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Menyapih Anak dari ASI, Efektif dan Tanpa Drama Bun!

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 03 Sep 2021 16:33 WIB
Mom breastfeeds her baby at home caption

Maju mundur mau menyapih anak, Bunda? Hal ini lumrah ya, Bunda. Kadang memang para Bunda suka enggak tega melihat anaknya menangis kejer karena tak lagi boleh nenen. Alhasil, niat untuk menyapih anak pun gagal total.

Menyapih anak sedianya memang menjadi tantangan tersendiri, Bunda. Sebab, anak akan beradaptasi dari satu jenis makanan ke jenis makanan lainnya. Di mana istilahnya seorang anak beralih dari menyusui ke botol, cangkir, atau makanan padat.

The American Academy of Pediatrics sendiri merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama dan kelanjutan menyusui bersama dengan pengenalan makanan padat hingga ulang tahun pertama anak dan seterusnya. Namun, keputusan tentang kapan menyapih bayi merupakan keputusan pribadi. Hal itu tentunya berpulang lagi kepada masing-masing Bunda kapan waktu yang diinginkan.


Namun yang perlu Bunda pahami bahwa setiap anak berbeda kebutuhannya dan cara beradaptasinya ya. Sehingga, masing-masing dari anak cara mentoleransi penyapihan tentunya akan berbeda satu sama lain.

Sebagian mungkin ada yang happy-happy saja beralih dari menyusui ke botol atau cangkir dan sebagian lagi susah payah menerima kebiasaan baru tersebut. Tak jarang, banyak pula anak yang menolak botol saat disapih. Tentu ini bisa menjadi transisi yang tidak mudah dan sangat menegangkan bagi Bunda.

Walau kelihatannya tidaklah mudah, Bunda tak perlu menyerah begitu saja. Saat Bunda siap untuk menyapih Si Kecil, ada baiknya Bunda memulainya dengan bertahap, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Pertama-tama, Bunda menyusui dapat mulai memberikan Si Kecil satu botol sehari sebagai pengganti satu sesi menyusui. Seiring berjalannya waktu, Bunda perlahan-lahan dapat menggunakan lebih banyak botol dan lebih jarang menyusui.

"Sama seperti aspek lainnya, penyapihan sangat jarang terjadi seperti yang kita inginkan,"ujar Diane Bengson, penulis buku How Weaning Happens dan pemimpin Ohio La Leche League, seperti dikutip dari laman Parents.

Klik di halaman berikutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



KENALI KAPAN BAYI SIAP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!