sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Menyapih Tanpa Drama di Malam Hari, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 14:00 WIB
CARA MENYAPIH ANAK DI MALAM HARI
Ibu dan Bayi caption

Cara menyapih anak di malam hari

Berikut 5 cara menyapih anak di malam hari agar sukses dan lancar:

1. Pastikan bayi sudah mendapatkan cukup makan sepanjang hari

Saat bayi sedang tumbuh dan menjadi lebih aktif, mereka mungkin tidak ingin berhenti menyusui atau minum dari botol di siang hari. Mereka biasanya menebusnya di malam hari.

Nah, untuk memastikan bayi sudah mendapatkan cukup makan, Bunda dapat memberikan Si Kecil makan di tempat yang kondusif. Hindari gangguan yang bisa mengalihkan perhatian anak dari makan di siang hari.


2. Mulai menyapih secara perlahan dan bertahap

Coba untuk mulai menyapih secara bertahap di malam hari. Bunda dapat menyusui bayi dalam waktu yang singkat untuk setiap payudara, atau memberikan mereka ASI atau susu formula dalam jumlah yang lebih sedikit di botolnya ketika bangun di malam hari.

Selain itu, cobalah untuk memperpanjang interval antara menyusui dengan menepuk punggung bayi secara perlahan untuk menenangkannya agar kembali tidur.

Ibu dan BayiIlustrasi Bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Tawarkan makanan tambahan di malam hari

Jika bayi tidur dengan perut kenyang, maka mereka cenderung tidak akan terbangun dalam kondisi lapar di malam hari. Bunda juga dapat membangunkan bayi, misalnya jam 11 malam, untuk waktu menyusui terakhir sebelum anak tidur kembali.

4. Kurangi pemberian makan di malam hari secara bertahap

Saat anak terbangun di malam hari, Bunda dapat menenangkannya sebelum memberi makan. Hindari selalu memberikan anak makan di malam hari. Saat Si Kecil bangun sambil menangis, tunggulah sebentar sebelum menawarkan ASI.

5. Pertimbangkan untuk melakukan sleep training

Bila bayi tampak banyak makan di siang hari, tetapi masih bangun di malam hari, itu mungkin bukan karena mereka lapar. Bisa saja mereka terbangun karena belum terbiasa tidur tanpa menyusu.

Bunda mungkin dapat mengajarkan Si Kecil sleep training nih. Ini mencakup cara bayi menenangkan dirinya sendiri untuk kembali tidur tanpa makan.

(ank/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!