sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Muntah ASI Kental setelah Menyusui, Apa sih Penyebabnya?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 02 Jul 2022 12:50 WIB
Ilustrasi menyusui atau menggendong bayi caption
Jakarta -

Bayi muntah saat menyusui merupakan hal biasa ya, Bunda. Tetapi, ada kalanya bayi muntah ASI kental. Kira-kira apa sih, penyebabnya ya, Bunda?

Melansir Popsugar, bayi memang kerap muntah ASI kental dan itu hal yang benar-benar normal kok, Bunda. Hal ini juga ada hubungannya dengan berapa lama waktu yang telah berlalu sejak bayi menyusu atau minum dari botol. 

"Susu yang mengental adalah hasil pencampuran susu dengan asam lambung," ujar Kim Langdon, MD, seorang obgyn asal Ohio.


Ketika susu berada di lemari es dan menjadi matang, pH dari susu tersebut turun dan membuatnya lebih asam. Di perut bayi, asam pencernaan memiliki efek yang sama. 

Penyebab bayi muntah

Dr Langdon menjelaskan bahwa semakin lama ASI berada di perut sebelum bayi memuntahkannya, semakin terlihat mengental. Dan, muntah bukanlah tanda penyakit. Semua bayi memiliki tingkat refluks yang mengakibatkan muntah susu.

Dr Langdon mengatakan muntah bisa sulit dibedakan dari gumoh tetapi pada umumnya muncul lebih kuat dan dalam jumlah yang lebih besar.

Penyebab bayi muntah berulang 

Muntah berulang bisa menjadi tanda bahwa bayi memiliki virus dan dapat menyebabkan dehidrasi. Jika Bunda merasa bayi muntah atau khawatir tentang frekuensi gumoh, Dr Langdon menyarankan untuk segera menghubungi dokter.

Muntah yang terlihat seperti susu kental bukanlah alasan untuk khawatir ya, Bunda. Jika buah hati muntah selama atau segera setelah makan, kemungkinan teksturnya halus seperti susu.

Dan, jika bayi muntah setelah ASI sempat tercampur dengan asam lambung, kemungkinan besar ia akan terlihat mengental. Itulah yang mungkin Bunda lihat saat bayi muntah ASI kental ya, Bunda, seperti dikutip dari laman WebMd.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips membuat bayi bersendawa setelah menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



BAYI MUNTAH ASI KENTAL, APA SIH PENYEBABNYA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!