sign up SIGN UP search


menyusui

3 Trik Jitu Pumping agar Bunda Hasilkan Banyak ASI Perah

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 07 Jul 2022 15:08 WIB
Manual breast pump, mothers breast milk is the most healthy food for newborn baby caption
Jakarta -

Salah satu harapan seorang ibu usai melahirkan buah hatinya yakni bisa menyusuinya. Tapi, kenyataannya menyusui bayi baru lahir tak semudah yang dibayangkan. Akhirnya, sejumlah ibu memilih memompa ASI-nya, khususnya ibu bekerja yang perlu untuk menyetok ASI untuk Si Kecil.

Saat memompa ASI pun tak selalu berjalan lancar ya Bunda. Ada saja hambatan yang membuat produksi ASI terhambat sehingga stok ASI pun menipis. Nah, untuk kali ini HaiBunda akan memberikan tips agar Bunda bisa mendapatkan hasil yang banyak saat memompa ASI. Simak terus ya.

Holly D Ernst, Asisten Dokter di Santa Maria, CA, mengatakan pompa ASI ini membuka peluang bagi ibu menyusui (busui) untuk tetap memberikan ASI meski berjauhan dengan bayi.


"Jika perlu memompa ASI karena berada jauh dari bayi, Bunda mungkin ingin agar suplai ASI meningkat supaya memiliki cukup stok ASI. Memompa juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan suplai ASI saat menyusui," jelas Ernst dikutip dari Healthline.

Memompa bikin ASI jadi seret?

Jika Bunda khawatir memompa hanya akan menurunkan produksi ASI, Dawn Schindler, RN, BSN, IBCLC, konsultan laktasi di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) Level IV di Children's Health menekankan bahwa itu tidak benar.

Menurutnya, memompa tidak mengurangi suplai ASI. Yang ada sebaliknya Bunda, memompa bisa membantu meningkatkannya. Apabila busui mengalami masalah suplai ASI yang rendah, hal pertama yang perlu busui lakukan adalah memeriksa apakah pompa ASI yang digunakan sudah tepat.

"Sangat penting bahwa pompa yang digunakan tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi bagian-bagian pompa juga terpasang dengan benar," kata Schindler. 

Tips memompa agar dapatkan ASI banyak

Busui bisa berkonsultasi dengan konsultan laktasi sehingga menghasilkan ASI yang melimpah.  Selain memilih pompa ASI yang tepat, busui dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan suplai ASI yang rendah. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini, Bunda.

1. Tingkatkan frekuensi memompa

Umumnya, busui harus memompa setiap 3 jam. Lebih sering memompa membantu merangsang payudara untuk memproduksi lebih banyak ASI. 

Bunda bisa mencoba memompa kedua payudara selama 15 menit setiap dua jam selama 48-72 jam. Kemudian busui dapat kembali ke rutinitas memompa normal. 

"Memompa lebih dari 30 menit mungkin tidak bermanfaat. Ini hanya dapat menyebabkan puting yang sakit," tegas Schindler.

Jika Bunda tak bisa sering memompa, Schindler dan timnya juga menyarankan pemompaan listrik. Penggunaan pompa elektrik memungkinkan busui mempertahankan jadwal memompa rutin.

Tips lainnya klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips mengatur jadwal pumping agar ASI lancar.

[Gambas:Video Haibunda]



3 CARA AGAR POMPA MENGHASILKAN BANYAK ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!