sign up SIGN UP search

menyusui

Tips Memilih Ukuran Corong Pompa ASI Sesuai dengan Puting Payudara

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 14 Jan 2023 10:15 WIB
Ilustrasi pompa ASI elektrik Tips Memilih Ukuran Corong Pompa ASI Sesuai dengan Puting Payudara/Foto: Getty Images/iStockphoto/Miljan Živković
Jakarta -

Ada kalanya busui merasa tak nyaman saat memompa ASI. Nah, biasanya salah satu penyebabnya yakni ukuran corong pompa ASI terlalu longgar. Agar lebih nyaman, yuk ikuti tips cara memilih ukuran corong pompa ASI yang sesuai dengan puting payudara, Bunda.

Menemukan ukuran yang pas sangatlah penting dalam berbagai hal. Tidak saja ukuran pakaian, sepatu, tetapi juga corong pompa ASI. Hal ini sangatlah penting karena corong pompa ASI yang pas dapat memaksimalkan produksi ASI saat dipompa. 

Sayangnya, banyak dari ibu menyusui yang tidak menyadari pentingnya hal ini. Para busui kerap memakai pompa ASI yang ada tanpa memikirkan apakah corongnya terlalu besar atau tidak. Padahal, ukuran corong pompa ASI yang tepat membuat sesi pemompaan lebih nyaman dan efisien karena merangsang payudara lebih efektif, seperti dikutip dari laman Motifmedical.


Cara memilih ukuran corong pompa ASI

Corong pompa ASI meniru pelekatan menyusui yang tepat. Jika ukurannya terlalu besar, areola akan terkompresi dan menyebabkan susu tersangkut sebelum dikeluarkan, seperti kekusutan di selang air. Sementara itu, corong pompa ASI yang terlalu kecil dan terlalu banyak gesekan pada puting, menyebabkan puting lepuh, nyeri, dan produksi ASI tidak mencukupi.

Perlu Bunda ketahui bahwa corong pompa ASI merupakan bagian dari pompa payudara yang bersentuhan dengan tubuh saat diletakkan di atas payudara dan puting, membentuk segel vakum dengan areola. Bentuknya seperti corong. 

Corong pompa ASI menarik puting ke dalam terowongan pompa tempat susu diekstraksi. Corong pompa ASI juga membantu menciptakan hisapan yang diperlukan untuk mengekstraksi susu dengan membentuk segel.

Di pasaran, corong pompa ASI tersedia dalam berbagai ukuran yang menunjukkan ukuran tabung yang lebih kecil yang menarik puting di ujung corong yang sempit. Tergantung pada pompa ASI yang Bunda pilih, corongnya juga tersedia dalam berbagai bahan berbeda, termasuk plastik keras, silikon, atau bahkan kaca.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 rekomendasi pompa ASI yang harganya terjangkau:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMILIH UKURAN CORONG POMPA ASI YANG SESUAI DENGAN PUTING PAYUDARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!