sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Efektif Bantu Busui dengan Puting Tenggelam agar Bayi Mudah Menyusu

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 29 Jul 2022 12:30 WIB
Ibu menyusui 3 Cara Efektif Bantu Busui dengan Puting Tenggelam agar Bayi Mudah Menyusu/Foto: iStock
Jakarta -

Setiap ibu menyusui memiliki kondisi yang berbeda satu sama lain termasuk pada putingnya. Biasanya, pada busui dengan puting tenggelam, mereka akan sedikit kesulitan menyusui bayi.

Apakah Bunda termasuk yang memiliki puting tenggelam? Tak perlu khawatir, kini ada lho alat bantu menyusui puting tenggelam. Apa saja pilihannya? Simak penjelasannya berikut ini yuk.

Ukuran dan bentuk puting payudara setiap wanita memang bervariasi ya, Bunda. Sangat penting untuk melakukan upaya tambahan secara bertahap dan menjadikannya lebih elastis selama kehamilan dan menyusui. Biasanya, busui dengan puting tenggelam mungkin membutuhkan lebih banyak upaya dan kesabaran saat menyusui. 


Bunda menyusui dengan puting tenggelam mungkin kerap dibuat depresi saat menyusui. Bagaimana tidak, untuk membuat puting keluar mungkin sudah menjadi pekerjaan rumah tersendiri ya, Bunda. Ditambah lagi, bayi enggak sabar untuk segera menyusu.

Tentu ini menjadi tantangan tersendiri yang tak mudah dilalui, seperti dikutip dari laman La Leche League.

Alat bantu menyusui untuk puting tenggelam

Dalam hal ini, menggunakan alat bantu untuk memunculkan puting tenggelam bisa menjadi solusi instan ya, Bunda. Apa saja alat bantu yang bisa dimanfaatkan? Ini beberapa di antaranya"

1. Tangan

Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan kedua tangan di setiap sisi payudara untuk memeras puting dan areola. Gunakan keduanya untuk menekan payudara layaknya memegang roti lapis sebelum dimasukkan ke mulut.

2. Pompa ASI

Atau, Bunda juga dapat menggunakan pompa payudara selama beberapa menit untuk mengeluarkan puting. Pengisapan dengan pompa bisa membantu membuat puting payudara menjadi menonjol. 

3. Nipple Shield

Menurut Lindsay Greenfield, seorang konsultan laktasi, sedianya nipple shield (penyambung puting) banyak diidamkan busui dengan puting tenggelam sebagai alat bantu menyusui. Hanya saja, Greenfield mengatakan meskipun alat tersebut sangat baik untuk membantu menyusui, alat tersebut bukanlah solusi permanen.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 10 penyebab bayi suka menggigit puting saat menyusu:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGATASI PUTING TENGGELAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!